Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia Suprawoto mengatakan kedatangan Wakil Menteri Telekomunikasi dan Komunikasi Rusia Alexei K. Violin ke Indonesia adalah untuk menjalin kerja sama dengan media Tanah Air.

"Namun bentuk kerja samanya baru diketahui pada hari terakhir kunjungan Violin, pada Kamis (26/3), yang tertuang dalam nota kesepahaman (MoU)," kata Suprawoto di Gedung Kominfo, Jakarta, Senin.

Pernyataan ini disampaikan Suprawoto setelah acara dialog media bertajuk "Global Media, Global Challenges" yang menghadirkan Wakil Menteri Telekomunikasi dan Komunikasi Rusia Alexei K. Violin sebagai pembicara.

Suprawoto menambahkan dalam kunjungan selama empat harinya di Indonesia, dimulai Senin (23/3), Violin akan melakukan kunjungan ke beberapa media nasional dan perusahaan-perusahaan telekomunikasi swasta.

"Wakil Menteri Telekomunikasi dan Komunikasi Rusia Alexei K. Violin akan berkunjung ke Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, TVRI, beberapa stasiun televisi swasta dan ke dua perusahaan telekomunikasi besar di Indonesia," tuturnya.

Selain itu, dia menambahkan, kedatangan perwakilan Rusia juga dalam penjajakan kerja sama pertukaran pewarta, beasiswa, dan penerapan "e-government" (pemerintahan berbasis elektronik) dengan pemerintah Indonesia.

"Kita akan menjalin kerja sama e-government dengan Rusia, setelah selama ini bekerja dengan Korea Selatan. Bentuknya bisa dengan pertukaran ahli atau bisa yang lain," ujar Suprawoto.

Adapun kedatangan delegasi resmi Rusia ini, kata Suprawoto, merupakan balasan atas kunjungan tim Kominfo pada bulan Januari 2014.

Menurut Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kominfo Ismail Cawidu, kunjungan tim Kominfo ke Rusia saat itu adalah dalam rangka "second track diplomacy" atau diplomasi yang melibatkan masyarakat, dan melibatkan beberapa tokoh agama, pendidikan, media dan jurnalistik dari Indonesia

Sementara itu, dialog media bertajuk "Global Media, Global Challenges" menghadirkan empat orang sebagai pembicara, yaitu Wakil Menteri Telekomunikasi dan Komunikasi Rusia Alexei K. Violin, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin, Kepala Pusat Kerja Sama Internasional Kominfo Ikhsan Baidirus dan Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk Bambang Harymurti.

Pewarta: Michael Teguh Adiputra Siahaan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015