Roma (ANTARA News) - Pelatih Inter Milan Roberto Mancini mengkritik kebijakan naturalisasi pemain di tim nasional Italia yang baru-baru ini memanggil Eder, kelahiran Brasil dan Franco Vazquez kelahiran Argentina untuk masuk ke skuad asuhan Antonio Conte.

Mancini percaya bahwa masih banyak pemain asli Italia yang berbakat dalam sepakbola sehingga tidak perlu menggunakan pemain keturunan.

"Tim nasional Italia harus diisi orang Italia," kata Roberto Mancini pada pertemuan pelatih dan wasit Serie A di Roma, dikutip dari ESPN, Selasa.

"Kami menemukan sejumlah pemain di skuad Italia yang bukan orang Italia tetapi mereka hanya punya kerabat di sini, tapi ini hanya pendapat saya," kata pelatih Inter Milan itu.

"Saya rasa pemain Italia layak bermain di tim nasional Italia sementara mereka yang tidak lahir di Italia, bahkan jika mereka memiliki kerabat di Italia, tidak layak mendapatkannya. Kami melakukan begitu banyak usaha untuk mendidik pemain muda kemudian mereka memanggil orang asing (yang memenuhi syarat untuk bermain) untuk Italia," keluh Mancini.

Kritik Mancini itu muncul karena Eder atau Vazquez akan berlaga untuk timnas Italia pada kualifikasi Euro 2016 melawan Bulgaria dan laga persahabatan melawan Inggris pada Selasa pekan depan.

Di sisi lain, pemanggilan Eder atau Vazquez dibela pelatih Palermo.

"Vazquez memiliki ibu orang Italia. Kalian tidak mungkin mendapatkan orang Italia lebih dari dia," kata pelatih Palermo Giuseppe Iachini.

Presiden Asosiasi Sepakbola Italia Carlo Tavecchio juga membela kebijakan naturalisasi pemain di Italia.

"Jika saya ingat dengan baik, kami memenangkan Piala Dunia dengan salah satu dari mereka (satu orang naturalisasi Mauro Camoranesi asal Argentina). Selain itu, Conte bebas untuk memilih pemain yang memenuhi syarat untuk bermain dan jika seseorang memiliki kewarganegaraan Italia, maka dia bisa bermain," kata Tavecchio.



Penerjemah:
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015