... dapat diolah untuk hidangan panas maupun dingin...
Jakarta (ANTARA News) - Dibandingkan dengan produk lain keju, keju Ricotta ternyata dapat dengan lebih leluasa diaplikasikan dalam makanan.

"Ricotta bisa diterapkan lebih luas, mulai dari dikonsumsi langsung sampai dibuat olahan," kata Fahmi Widarte, Corporate Chef PT Austasia Food usai peluncuran keju Ricotta Greenfields, di Jakarta, Kamis.

Menurut Chef Fahmi, keju Ricotta memiliki tekstur yang stabil dibanding keju Mozzarella dan Bocconcini. Hal itulah yang membuat keju Ricotta dapat secara fleksibel digunakan sebagai bahan pendukung suatu hidangan.

Jika keju Mozzarella dan Bocconcini sering dijumpai pada pizza ataupun isi sandwich, menurut Chef Fahmi, keju Ricotta dapat diaplikasikan sebagai olesan roti, pasta, adonan pancake atau isi pancake.

Bahkan keju Ricotta dapat dicampurkan dalam minuman. Tidak hanya itu, keju yang populer di Italia tersebut dapat diolah untuk hidangan panas maupun dingin.

Dalam proses pengolahan pasta misalnya, aroma keju Ricotta akan lebih keluar jika dipanggang selama lima jam dengan tambahan garam dan minyak zaitun.

"Dari dikonsumsi langsung hingga melalui proses pemasakan yang lama masih oke dan memang fungsinya lebih bisa digali lebih banyak lagi," ujar Chef Fahmi.

Lebih lanjut, Chef Fahmi mengatakan bahwa keju Ricotta juga dapat dikreasikan dengan makanan Indonesia, seperti isi bakso atau isi pangsit.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015