Dengan zakat ini tidak ada lagi anak kita yang tidak bersekolah, perut tidak berisi, punggung yang tidak tertutup dan tidak ada lagi sakit yang tidak terobati
Lubukbasung, Sumbar (ANTARA News) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), menyalurkan zakat sebesar Rp724.425.000 kepada 503 mustahik atau penerima zakat yang tersebar di 16 kecamatan di daerah itu, kata Ketua Baznas Kabupaten Agam, Isman Imran di Lubukbasung, Sabtu.

Penyaluran zakat ini, katanya, dilakukan di dua lokasi yakni di Masjid Nurul Falah Lubukbasung pada Jumat (10/4), sebesar Rp239.750.000 untuk 159 mustahik yang tersebar di Kecamatan Lubukbasung, Ampek Nagari, Palembayan, Tanjung Raya dan Tanjung Mutiara.

Lalu di kantor layanan Baznas Belakang Balok Kota Bukittinggi pada Sabtu, sebesar Rp484.675.000 untuk 344 mustahik yang tersebar di Kecamatan Ampek Koto, Matur, Palupuh, Baso, Ampek Angkek, Sungai Pua, Banuhampu, Tilatang Kamang, Kamang Magek, Canduang dan Malalak.

"Zakat ini setiap bulan kita salurkan kepada mereka yang membutuhkan untuk menambah modal usaha mereka, pendidikan dan lainnya," katanya.

Ia menambahkan, penyaluran zakat ini berdasarkan usulan dari mereka dan Baznas Kabupaten Agam akan menurunkan tim untuk melakukan verifikasi ke rumah mereka.

"Apabila tim menilai tidak layak, maka mereka tidak akan mendapatkan bantuan tersebut," katanya.

Selama 2015, katanya, Baznas Kabupaten Agam telah menyalurkan zakat sekitar Rp2,5 miliar dan pada 2014 Baznas Kabupaten Agam menyalurkan sekitar Rp7,9 miliar.

Sementara itu, Bupati Agam Indra Catri berharap agar zakat yang disalurkan bisa bermanfaat bagi mustahik yang menerimanya dan jangan sampai salah dalam penggunaan zakat itu.

"Dengan zakat ini tidak ada lagi anak kita yang tidak bersekolah, perut tidak berisi, punggung yang tidak tertutup dan tidak ada lagi sakit yang tidak terobati," katanya.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015