PR pertama Erwin ialah membantu mempersiapkan revisi UU BI dan UU Perbankan. Saya minta ia aktif karena ia ex officio di OJK,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi XI DPR RI Fadel Muhammad mengatakan terdapat tiga pekerjaan rumah (PR) Deputi Gubernur BI terpilih Erwin Rijanto yang akan menggantikan Halim Alamsyah.

"PR pertama Erwin ialah membantu mempersiapkan revisi UU BI dan UU Perbankan. Saya minta ia aktif karena ia ex officio di OJK," ujar Fadel usai pemungutan suara di Komisi XI, Jakarta, Senin.

Adapun PR kedua Erwin, lanjut Fadel, adalah mengatur kebijakan moneter Bank Indonesia yang saat ini memerlukan perhatian besar.

"Kami yakin ia (Erwin) mampu karena ia berpengalaman di luar negeri juga kan. Pernah di Singapura dulu," kata Fadel.

Fadel juga menuturkan, Erwin juga harus banyak berkomunikasi dengan publik baik secara personal maupun selaku anggota Dewan Gubernur terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapi Bank Indonesia.

"Pak Erwin penyampaian makalahnya tadi bagus. Visi misi nya juga bagus dan memikat," ujar Fadel.

Erwin Rijanto terpilih sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia Periode 2015-2020 menggantikan Halim Alamsyah yang akan mengakhiri masa jabatannya pada Juni 2015 mendatang.

Erwin dipilih oleh Komisi XI DPR RI melalui mekanisme pemungutan suara (voting). Erwin menyisihkan dua kandidat lainnya dengan perolehan 42 suara.

Sementara itu, Dody Budi Waluyo dan Hendy Sulistiowati masing-masing memperoleh 5 suara dan 2 suara. Sedangkan 4 suara tidak sah.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015