Batam (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR RI Dwi Ria Latifa mengatakan kepolisian harus mengantisipasi potensi kerawananan keamanan dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember 2015.

"Dengan pelaksanaan serentak pasti ada dampak dari sisi keamanan. Ini yang harus segera diantisipasi oleh kepolisian khususnya jajaran Polda hingga tingkat bawah," kata Dwi Ria usai berkunjung ke Polda Kepulauan Riau di Batam, Rabu.

Agar suasana kondusif menjelang, saat, dan pascapilkada, kata dia, polisi harus segera mengidentifikasi titik-titik dan potensi kerawanan pada masing-masing wilayah.

"Harus segera ada antisipasi agar potensi yang ada tidak menjadi ancaman saat pilkada. Polisi harus memastikan pilkada tetap kondusif," kata dia.

Ria juga menekankan pentingnya netralitas seluruh aparat termasuk Polri dalam pilkada sehingga fokus pada fungsinya sebagai pihak yang memastikan keamanan tetap terjaga.

"Yang tidak kalah penting adalah netralitas termasuk dari kepolisian agar pilkada berjalan lancar," kata Ria.

Ria menyatakan telah menyampaikan harapannya itu langsung kepada Kapolda Kepri Brigjen Pol Arman Depari beserta jajaran.

"Kerawanan juga ada di Kepri. Makanya salah satu yang kami bahas dalam pertemuan ini adalah kesiapan Polda Kepri untuk mengantisipasinya," kata Ria yang selain berkunjung ke Polda Kepri, juga mendatangi sejumlah acara di Kota Batam.

Kapolda Kepri Brigjen Pol Arman Depari mengatakan sudah melakukan berbagai langkah dan pendekatan pada seluruh lapisan masyarakat guna mengantisipasi potensi kerawanan yang ada.

"Tentu hal tersebut juga menjadi perhatian karena memang tugas kami. Makanya jauh-jauh hari anggota sudah kami perintahkan agar mengidentifikasi potensi kerawanan yang ada pada masing-masing wilayah," kata dia.

Pewarta: Larno
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015