New Orleans, Amerika Serikat (ANTARA News) - Pencarian nakhoda baru tim bola basket NBA New Orleans Pelicans akhirnya berakhir dengan keyakinan jajaran manajemen menunjuk pelatih berpengalaman Alvin Gentry pada Sabtu malam waktu setempat, dengan rincian kesepakatan yang tidak diumumkan.

Pelicans meyakini Gentry yang masih tercatat sebagai asisten pelatih tim finalis NBA Golden State Warriors itu sebagai orang yang tepat untuk menyepuh tim sarat talenta muda termasuk bibit bintang berusia 22 tahun, Anthony Davis.

"Kami telah melakukan pencarian pelatih secara seksama dan mendapati Alvin Gentry sebagai orang yang tepat untuk memimpin tim kami. Alvin adalah pelatih yang cukup dihormati dan mengantongi bertahun-tahun pengalaman, pengetahuan, kreativitas dan kepemimpinan," kata General Manager Pelicans Dell Demps dalam sebuah pernyataan resmi.

Gentry sendiri masih akan bertugas mendampingi Pelatih Kepala Steve Kerr di bangku cadangan Warriors selama menjalani rangkaian laga final NBA menghadapi Cleveland Cavaliers berakhir.

"Saya merasa sangat terhormat berkesempatan memimpin Pelicans sebagai pelatih kepala dan tak sabar untuk segera memulai pekerjaan ini. Pun demikian, tanggung jawab saya terhadap Pelicans baru bermula selepas rangkaian final NBA rampung. Hingga saatnya tiba, untuk beberapa pekan ke depan fokus saya masih untuk Warriors dan rangkaian final," demikian kata Gentry dalamnya pernyataan yang sama.

Gentry pernah melakoni peran sebagai pelatih kepala sebagai empat kali, yakni di Miami Heat pada 1994, Detroit Pistons (1998-2000), Los Angeles Clippers (2001-2003) dan Phoenix Suns (2009-2013) dengan catatan total 335 kemenangan dan 370 kali kalah.

Karir kepelatihan terbaiknya ia capai bersama Suns dengan catatan 158-144 selama lima tahun menangani tim yang pada 2010 ia bawa ke final Wilayah Barat, meski harus dikalahkan jawara NBA Los Angeles Lakers kala itu.

Kursi kepelatihan Pelicans kosong setelah Monty Williams dipecat manajemen meski membawa tim itu ke babak playoffs musim ini sebagai wakil pamungkas Wilayah Barat dengan menempati urutan kedelapan.

Pelicans harus tersingkir setelah tak meraih satu kemenanganpun saat menghadapi Warriors di babak playoff pertama, meski tiga di antaranya berlangsung cukup ketat dan memaksa babak tambahan di salah satu laga.

Penunjukan kepelatihan ini pertama kalinya dialami sejak Demps menduduki kursi GM Pelicans pada 2010 silam beberapa saat setelah Williams ditunjuk oleh pemilik sebelumnya.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015