Jakarta (ANTARA) - Pelatih kepala Phoenix Suns Monty Williams menyanjung kinerja pertahanan timnya kala menaklukkan Miami Heat 111-90 dalam lanjutan NBA di Florida, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Suns sempat mengawali pertandingan dengan pertahanan yang tampak kendur karena Heat mampu meraih 25 poin dalam enam menit pertama, termasuk lima buah tripoin.

Namun, sesudahnya kinerja pertahanan Suns menjadi lebih alot dan Heat cuma mencetak dua poin lagi di sisa waktu kuarter pertama. Bahkan Suns hanya mengizinkan Heat mengkonversi lima dari 27 percobaan tripoin yang mereka lepaskan lagi sepanjang laga.

"Saya sudah bilang ke para pemain, tadi adalah salah satu kinerja pertahanan terbaik yang pernah saya lihat," kata Williams selepas laga dikutip dari situs resmi NBA, Kamis.

"Dan saya berkecimpung di dunia cukup lama," ujar sosok yang sudah memulai karier kepelatihannya semenjak bangku asisten pada 2005 itu.

Baca juga: Tundukkan Heat, Suns jadi tim pertama cetak tiket playoff

Berkat kemenangan tersebut, Suns yang saat ini jadi pimpinan liga dan bercokol di puncak klasemen Wilayah Barat dengan catatan menang kalah 53-13 menjadi tim pertama yang memastikan satu tempat di fase playoff.

Suns masih memiliki sisa 16 gim lagi dan berpeluang menorehkan hasil musim reguler terbaik apabila meraih 10 kemenangan lagi, melampaui torehan 62-20 pada 1992/93 dan 2004/05.

Kemenangan kali ini juga hadir bersamaan dengan kembalinya bintang utama Suns, Devin Booker yang sempat menepi selama empat gim terakhir karena protokol COVID-19 NBA.

Booker yang mengaku tidak mengalami gejala maupun rasa sakit selama di bawah protokol, nyaris mencapai triganda saat mengemas 23 poin, sembilan assist dan delapan rebound dalam kemenangan atas Heat.

"Dia memang sudah siap kembali," kata Miles Bridges, yang turut mencetak 21 poin untuk Suns, mengomentari kembalinya Booker.

Suns selanjutnya dijadwalkan menjamu Toronto Raptors di Footprint Center, Arizona, Jumat (11/3) waktu setempat.

Baca juga: Walau Tatum cetak 44 poin, Celtics tetap utamakan kerja sama tim
Baca juga: Reggie Jackson bimbing Clippers kembali ke jalur kemenangan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022