Manado (ANTARA News) - Umat muslim Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) beramai-ramai memperbaiki sarana dan prasarana rumah ibadah menjelang masuknya bulan suci Ramadhan.

Imam Mesjid Nurul Amin, kompleks perumahan Wale Manguni, Kelurahan Singkil, Kecamatan Singkil, Husain Lamsu, di Manado, Senin, mengatakan, sejak seminggu lalu warga beramai-ramai melakukan kerja bakti, memperbaiki sarana dan prasarana mesjid yang akan digunakan untuk berbagai kegiatan selama bulan puasa nanti.

"Alhamdulillah hingga saat ini perbaikan beberapa kerusakan sudah teratasi, antara lain, menggantikan atap seng yang telah rusak, pembuatan bak penampung air wudhu dan penataan dalam ruangan serta perbaikan pengeras suara," kata Lamsu.

Sementara di Masjid Al Falah di kelurahan Sindulang, warga muslim beramai-ramai melakukan pembenahan mesjid bekerjasama panitia pembangunan dan pengurus masjid.

"Sudah menjadi kebiasaan di sini apabila menjelang datangnya bulan Ramadhan, umat Islam berbondong datang melakukan kerja bakti, memperbaiki beberapa kerusakan dan penambahan alat kebutuhan jemaah", kata Imam Mesjid Al Falah Sindulang, H. Sofyan Lihawa.

Perbaikan masjid dimaksudkan agar jamaah yang datang melakukan shalat di bulan Ramadhan akan terasa nyaman, sebab awal-awal bulan Ramadhan tersebut banyak jamaah melakukan shalat.

Sementara itu, Ketua Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) Manado, H. Amir Liputo ditemui terpisah mengatakan, Ramadhan adalah bulan suci.

"Sudah menjadi kewajiban kita untuk menyambut datangnya Ramadhan dengan riang gembira, hati yang suci dan juga lingkungan yang bersih, termasuk masjid, mushallah, dan rumah pribadi," kata anggota DPRD Sulut, sambil mengutip satu hadits nabi Muhammad SAW, yakni barang siapa menyambut Ramadhan dengan hati gembira, Allah mengharamkan api neraka jahanam membakar tubuhnya.

Amir Liputo berharap semua pekerjaan memperbaiki rumah ibadah dapat selesai sebelum Ramadhan tiba sehingga umat Islam dapat melaksanakan ibadah shalat dengan khusu.

Pewarta: Melky Rodolf Tumiwa
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015