Akan lebih marak lagi ponsel LTE yang punya kandungan konten Indonesia
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara resmi membuka pameran Indonesia Cellular Show (ICS) 2015 yang menghadirkan 20 exhibitor, terdiri atas 4 operator telekomunikasi, 10 vendor seluler, serta 6 perusahaan pendukung dan asesoris.

"Pertama kali 2003 fokusnya masih kepada jumlah pelanggan, sekarang jauh berbeda, lebih didominasi dengan teknologi baru," kata Menkominfo Rudiantara, di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut Menkominfo menjelaskan mengenai implementasi 4G LTE dan kebijakan mengenai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

"Tentang TKDN tinggal tanda tangan. Kami ingin memastikan dulu bersama industri dan perdagangan. Diperkirakan diresmikan Januari 2017," ujar Rudiantara.

Sesuai dengan tema penyelenggaraan ICS tahun ini "Digitalize Your Life", Ketua umum ATSI (Asosiasi penyelenggara Telekomunikasi seluruh Indonesia), Alexander Rusli menyatakan dukungannya terhadap kebijakan pemerintah mewujudkan Rencana Pitalebar Indonesia (RPI) dengan menyediakan infrastruktur jaringan pita lebar dan ekosistemnya.

"Ini yang ke-12. Tema tahun ini digitalize your life. Mencoba digitalkan. Tahun ini penting karena sangat signifikan bagi pengembangan ekosistem LTE," kata dia.

Menkominfo mengatakan tahun ini akan lebih fokus kepada perkembangan ekosistem 4G yang diperkirakan akan lebih besar lagi pada tahun mendatang.

"Akan lebih marak lagi ponsel LTE yang punya kandungan konten Indonesia," ujar Menkominfo.

ICS 2015 akan berlangsung lima hari mulai tanggal 10 hingga 14 Juni 2015 di Plenary Hall dan Main Lobby Jakarta Convention Center.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015