Jakarta (ANTARA News) - Menteri BUMN Rini M Soemarno meminta para pejabat perusahaan milik negara bekerja lebih keras, lebih cepat dan berpikir "out of the box" (di luar dari kebiasaan) dalam menyokong BUMN di tengah perubahan yang berjalan sangat dinamis.

"Pejabat BUMN sebagai pelayan publik juga agar menunjukkan sikap mental dan berpikir cara korporasi, meski Kementerian BUMN adalah sebuah birokrasi," kata Rini usai melantik tiga pejabat tinggi madya eselon I di lingkungan Kementerian BUMN, di Jakarta, Rabu.

Tiga deputi yang dilantik yaitu Gatot Trihargo dengan nama jabatan baru yaitu Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Jasa Konsultasi. Sebelumnya, Gatot menjabat Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Konstruksi, dan Jasa Lain.

Selanjutnya, Muhamad Zamkhani menempatai jabatan baru Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi, semula menjabat Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Industri Strategis.

Kemudian Dwijanti Tjahjaningsih, yang semula menjabat Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik dan Perhubungan, dilantik menjadi Staf Ahli Bidang Tata Kelola, Sinergi dan Investasi.

Pada kesempatan itu, Rini menjelaskan pengangkatan pejabat Kementerian BUMN tersebut disesuaikan dengan perubahan nama jabatan baru struktur organisasi di Kementerian BUMN.

"Kementerian BUMN punya struktur organisasi yang baru yang sudah diteken oleh Presiden Joko Widodo," ujar Rini.

Dalam sambutannya, mantan Menteri Perdagangan di era kepemimpinan Presiden Megawati ini sempat menyanyikan satu bait lagu dari Liza Minnelli berjudul "New York, New York".

Sesuai dengan lirik lagu itu, Rini seakan mengambarkan bahwa BUMN sebagai korporasi harus mengerahkan segala kekuatan.

BUMN pantang menyerah dengan menciptakan ide-ide baru yang lebih besar karena BUMN merupakan agen sekaligus mesin pembangunan.

Hadir pada acara pelantikan tersebut antara lain Dirut PT Pegadaian Riswinandi, Dirut PT Angkasa Pura (AP) I Tommy Sutomo, Dirut PT AP II Budi Karya, Dirut PT Pelindo I Bambang Eka Cahyana, Dirut PT Pelindo III Djarwo Surjanto, Dirut PT Jasa Marga Tbk Adityawarman, Dirut PT Adhi karya Tbk Kiswodarmawan.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015