Solo (ANTARA News) - Mempelai perempuan dan calon menantu Presiden Joko Widodo, Selvi Ananda, tiba lebih dahulu di lokasi akad nikah Graha Saba Buana Jalan Letjend Soeprapto Sumber, Solo, pada Kamis sekitar pukul 08.30 WIB.

Berdasarkan pantauan di dalam Gedung Graha Saba di Sumber, sampai pukul 08.30 WIB atau setengah jam sebelum akad nikah dilangsungkan Selvi telah tiba melalui pintu I gedung Graha Saba didampingi tujuh kerabatnya.

Selvi mengenakan kebaya brokat warna broken white dengan sanggul tradisional Solo.

Gibran sendiri belum memasuki Gedung sampai lima belas menit menjelang jadwal akad nikah dilangsungkan.

Sementara Gedung Graha Saba Buana di Jalan Letjend Soeprapto Sumber, Solo, sendiri mulai ramai disiapkan oleh panitia pernikahan dan tamu undangan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dan Putri Solo 2009, Selvi Ananda.

Para panitia termasuk penerima tamu, pembawa acara, hingga petugas pengamanan mulai bersiap dan memasuki lokasi acara.

Sejumlah pejabat yang tampak sudah berada di dalam gedung milik keluarga Jokowi itu di antaranya Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Panjaitan dan Kapolri Jend. Polisi Badrodin Haiti, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Gending yang mengalunkan lagu Jawa terdengar mengalun dari dalam gedung tersebut yang ditabuh langsung oleh para penabuh gamelan.

Tempat pelaksanaan akad nikah sudah dipersiapkan dengan tujuh kursi berwarna putih dan ditata saling berhadapan.

Meja dialasi taplak warna merah dengan dilingkupi kain warna keemasan di sepanjang sisinya serta dihiasi ornamen karangan bunga panjang hingga menjuntai ke bawah.

Rencananya akad nikah akan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB dan dijadwalkan rampung pada pukul 10.00 WIB.

Wakil keluarga Jokowi, Setyawan Prasetyo, sebelumnya menjelaskan rangkaian acara setelah akad nikah adalah menerima tamu dari mulai pukul 10.00-13.00 WIB.

"Kehadiran tamu sudah diatur dalam undangan yang kami kirim, kami bagi menjadi tiga yakni dari jam 10.00-11.00, jam 11.00-12.00, dan jam 12.00-13.00," katanya.

Di depan pintu masuk Graha Saba sendiri pengalaman ekstra ketat dilakukan dengan pemasangan setidaknya enam metal detector dan x-ray.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015