Jakarta (ANTARA News) - Italia gagal merebut posisi puncak klasemen grup H usai bermain imbang 1-1 atas Kroasia pada kualifikasi Piala Eropa 2016 di Stadion Poljud Split, Kroasia, Sabtu dini hari WIB.

Hasil ini membuat Italia tetap di peringkat dua dengan 12 poin, sementara Kroasia di puncak grup dengan raihan 14 poin dari enam laga,

Kroasia memiliki kesempatan untuk mencetak angka di awal babak pertama setelah wasit memberikan penalti akibat pelanggaran Astori di menit 5.

Namun Mario Mandzukic gagal melakukan eksekusi penalti karena tendangannya yang mengarah ke kanan berhasil ditangkap Buffon.

Mandzukic kemudian membayar kegagalannya dengan membukukan gol usai meneruskan umpan gelandang Barcelona, Ivan Rakitic, di menit 11. Kroasia unggul 1-0.

Italia mendapatkan penalti setelah Mandzukic menyentuh bola di kotak penalti di menit 36. Antonio Candreva yang menjadi penendang berhasil membawa skor menjadi imbang 1-1.

Pada awal babak kedua Gianluigi Buffon mederita cedera lutut sehingga posisinya digantikan Salvatore Sirigu.

Kroasia memiliki peluang melalui tendangan keras Brozovic dari luar kotak penalti, namun tidak berbuah gol di menit 60.

Penyerang Italia, El Shaarawy, yang memberikan umpan matang kepada Parolo gagal menjadi gol di menit 70.

Kroasia harus bermain dengan 10 pemain setelah Darijo Srna diganjar kartu merah akibat melanggar Claudio Marchisio di akhir babak kedua. Namun skor imbang 1-1 bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain kekdua tim:

Italia (4-3-3): Buffon (Salvatore Sirigu); Darmian, Bonucci, Astori, De Silvestri (De Sciglio); Marchisio, Pirlo, Parolo; El Shaarawy (Ranocchia), Pelle, Candreva.

Kroasia (4-2-3-1): Subasic; Srna, Vida, Schildenfeld, Pranjic (Vrsaljko); Brozovic, Rakitic; Perisic, Kovacic (Leovac), Olic (Rebic); Mandzukic.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015