Bekasi (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Saleh Husin mendorong pengembang kawasan industri PT Jababeka untuk turut berpartisipasi membangun kawasan-kawasan industri baru di luar Pulau Jawa sesuai program pemerintah.

"Untuk itu saya sangat berharap bahwa kehadiran Jababeka dalam proyek pembangunan kawasan industri baru khususnya di luar Jawa dapat mempercepat terwujudnya kota-kota industri baru yang mandiri dan modern," kata Menperin di Bekasi, Sabtu.

Jababeka, yang merupakan pelopor pembangunan kawasan industri di daerah Cikarang ini telah dimulai sejak tahun 1989, di mana saat ini terdapat lebih dari 1.700 perusahaan multinasional dari 30 negara yang beroperasi di Kawasan Industri Jababeka.

"Hal ini jelas membuktikan bagaimana keseriusan dan komitmen yang tinggi serta profesionalisme dari Direksi PT Jababeka dalam mengembangkan bisnisnya," kata Menperin.

Menperin mengapresiasi jajaran perusahaan tersebut, karena selalu menciptakan inovasi-inovasi yang kreatif dan terdepan dalam mengembangkan kawasan industri.

Menurutnya, Jababeka saat ini bukan lagi semata-mata sebagai kawasan industri tetapi telah berevolusi secara bertahap dan konsisten sehingga menjelma menjadi suatu kota industri baru yang mandiri dan modern.

Kawasan Industri ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang lengkap seperti kawasan pemukiman, kawasan komersil, kawasan pendidikan, kawasan rekreasi, kawasan logistik dan sebagainya.

Dengan berjalannya proyek pembangunan terpadu Plaza Indonesia Jababeka yang terdiri dari pusat perbelanjaan, apartemen dan perkantoran, bekerjasama dengan PT Plaza Indonesia Reality, maka akan terbangun kota industri baru.

Sehingga, pengembang berhasil memadukan kawasan industri dengan permukiman, perkantoran, komersil, pendidikan, rekreasi secara integrasi yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup masa kini.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015