Kalau ada anggapan Poso itu kacau, itu keliru
Poso, Sulawesi Tengah (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengunjungi Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah guna membuka sejumlah acara pengembangan perdamaian.

Menurut agenda Setwapres RI, Kalla tiba di Bandara Kasiguncu, Poso pada Selasa sekitar pukul 10:30 Wita dan disambut oleh Wakil Bupati Poso Samsuri.

Kemudian Wapres akan membuka acara Poso Harmoni di lapangan Maroso, Poso. Dalam acara tersebut akan dilakukan pameran Model Pembelajaran Harmoni dan pertunjukan teater Harmoni.

Selain itu, Kalla juga akan mengunjungi SMA Negeri Harmoni di Desa Sulewana, Kecamatan Pamona Utara, Poso menggunakan helikopter.

Dalam kunjungan tersebut, Kalla didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akan meresmikan beroperasinya sekolah tersebut.

Wapres rencananya kembali ke Palu pada pukul 15:00 dan ke Makassar pada pukul 16:00 lalu ke Jakarta pukul 18:30 Wita.

Bupati Poso Piet Inkiriwang mengatakan pelaksanaan acara Poso Harmoni menunjukan bahwa kota tersebut sudah kembali kondusif.

"Itu karena Poso sudah damai, bersatu kembali jadi bersinar. Jadi ada 2, Poso Harmoni dan Poso Bersinar. Kalau ada anggapan Poso itu kacau, itu keliru," kata Piet.

Bupati mengatakan kedamaian yang terjadi di Poso merupakan upaya dari JK saat menjabat sebagai Wapres periode 2004-2009.

"Beliau di sini adalah inisiator dan pelaku, pelaksana perdamaian yang mengharmoniskan kembali hubungan antara masyarakat yang tadi terpecah," ujar Piet.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015