Bogor (ANTARA News) - Kepolisian Resor Bogor, Jawa Barat menggelar kegiatan Tarling atau tarawih keliling selama bulan Ramadhan 1436 Hijriah yang diikuti oleh seluruh jajarannya di wilayah dalam rangka meningkatkan keamanan serta ketertiban di masyarakat.

"Tarling ini merupakan program dari Kapolres Bogor AKBP Suyudi Ario Seto selama Ramadhan. Kegiatan sudah dimulai sejak malam pertama puasa," kata Kasubag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspita Lena, di Bogor, Senin.

AKP Ita menjelaskan, kegiatan Tarling ini telah dilaksanakan di jajaran Polsek di seluruh wilayah Bogor. Tujuannya selain membaur dan melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk memberikan pesan keamanan dan ketertiban (Kamtibmas).

"Biasanya kita lakukan kegiatan tausiah ini setiap Jumat, sekarang diintensifkan pada pelaksanaan Tarling selama Ramadhan," katanya.

Dalam Tarling ini, lanjut AKP Ita, setiap Kapolsek atau jajaran Polres memberikan tausiah selama sekitar 10 menit yang berisikan pesan-pesan kamtibmas dikaitkan dengan momentum Ramadhan.

Beberapa pesan kamtibmas seperti menjaga dan saling hormat menghormati umat yang sedang menjalankan ibadah puasa, mencegah tauran, balap liar, menjauhkan perbuatan pidana seperti penyakit masyarakat (judi, narkoba, prostitusi dan minuman keras), serta mewaspadai terjadinya tindak kejahatan seperti penipuan, pencurian dan uang palsu.

"Masyarakat kita ingatkan untuk waspada saat mudik, pencurian rumah kosong, dan memeriksa kondisi kompor gas agar jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran, karena lupa matikan gas," katanya.

AKP Ita menambahkan kegiatan Tarling telah dilaksanakan di setiap Polsek sejak Jumat malam. Seperti di Polsek Klapanunggal, Leuwiliang, Cariu, dan Cisarua. Sedangkan dijajaran pejabat Polres Bogor akan mulai dilakukan Selasa (23/6) besok.

"Untuk jajaran Pejabat Polres sudah dibentuk 10 tim yang masing-masing dipimpin oleh pejabat Polres yang akan melakukan Tarling di wilayah Cibinong, Sukaraja, Citereup, Babakan Madang, Gunung Putri, Ciawi, Megamendung, Cisarua, Parung, dan Klapanunggal. Kegiatan ini akan digelar bergiliran setiap harinya selama Ramadhan," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015