Medan (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho menegaskan transportasi di daerah itu siap menghadapi arus mudik Idul Fitri tahun 2015.

"Saya sudah cek ke Terminal Amplas Medan. Mulai armada kesehatan pengemudi, angkutan mudik dan termasuk petugas jaga dan medis sudah cukup bagus dan siap menghadapi arus mudik," katanya di Medan, jumat.

Menghadapi arus mudik yang sudah mulai terlihat, katanya, tim gabungan mulai kepolisian, dinas perhubungan dan tim medis terlihat siap menjalankan tugasnya.

Pengecekan perlengkapan pengemudi seperti surat izin mengemudi, surat tanda nomor kenderaan, kesehatan pengemudi hingga fisik kendaraan sudah dan terus dilakukan.

Adapun untuk mengatasi atau menekan kemacetan lalulintas, juga sudah dilakukan berbagai langkah.

Bahkan posko gabungan yang terdiri dari pejabat terkait juga sudah ada.

"Perbaikan sarana jalan juga sudah dilakukan.Jadi mudah-mudahan arus mudik berjalan lebih lancar," katanya.

Dia mengakui, ada beberapa kawasan yang dianggap rawan kemacetan dan kecelakaan seperti kawasan Perbaungan. Tetapi di lokasi-lokasi itu dilaporkan lebih dijaga/dikawal ketat.

Kepala Dinas Perhubungan Sumut Anthony Siahaan menyebutkan, seperti tahun sebelumnya, jumlah pengendara sepeda motor tetap paling banyak.

Bahkan jumlahnya meningkat sebesar 7 persen. "Jumlah pemudik juga naik.Tetapi angkanya tidak ingat pasti, nanti saya kasih," katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015