Jakarta (ANTARA News) - Saat berbuka puasa di kawasan Cikarang, Jababeka, Jabar,  bersama buruh, Ketua DPR RI Setya Novanto mengingatkan kepada buruh yang mau pulang kampung untuk tidak membawa saudara, kerabat saat kembali ke Jakarta.

"Selamat Mudik, tapi jangan bawa saudara atau teman dari kampung halaman yang tidak memiliki keahlian atau pendidikan yang baik", kata Setya Novanto saat buka puasa dengan ratusan buruh di kawasan Cikarang Barat Jawa Barat, Senin.

Ditegaskannya, sebenarnya tak ada yang salah dengan orang yang mau datang ke Jakarta untuk mengadu nasib. Namun, kata dia, seharusnya orang tersebut memiliki keahlian khusus atau jenjang pendidikan yang cukup, agar mampu bersaing dan mendapatkan pekerjaan yang baik untuk masa depannya.

'Jika tidak, orang tersebut tentunya akan tersisih dari kehidupan ibu kota yang keras, sehingga sebaiknya orang tersebut tetap berada dan tinggal di kampung halaman, untuk membangun kampung halamannya. Tinggal dan hidup di ibukota yang keras, harus memiliki modal keahlian dan ketrampilan khusus, serta pendidikan yang baik agar dapat hidup dengan layak," kata dia.

Saat buka puasa bersama buruh, Novanto yang didampingi oleh Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon melihat kontrakan 1000 pintu yang ada di Cikarang Jawa Barat, "Saya meminta buruh yang tidak mudik untuk menjaga harta benda rekan-rekannya yang mudik, dan selalu waspada dengan aksi pencurian dan kriminalitas lainnya, termasuk bahaya kebakaran yang akhir-akhir ini marak terjadi di Cikarang dan sekitanya," pinta Novanto.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015