Kabanjahe, Sumut (ANTARA News) - Jalan lintas Sumatera, Medan- Kabanjahe pada H+1 Idul Fitri 1436 Hijriah, Sabtu, pukul 10.00 WIB hingga 18.00 WIB kelihatan sepi dan tidak ada terjadi kemacetan.

Pantauan Antara di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) itu, Sabtu, angkutan bus umum dan mobil pribadi yang melalui jalan negara tersebut, sepi dan tidak ada mengalami antrean, serta berjalan lancar seperti biasanya.

Bahkan, warga yang melaksanakan liburan atau merayakan Hari Lebaran di kota Berastagi, Kabupaten Karo atau sekitar lebih kurang 80 kilometer dari Kota Medan, juga kelihatan sepi.

Selain itu, mobil pribadi dari berbagai daerah seperti dari Medan, Binjai, Langkat, Pematang Siantar juga tidak begitu banyak yang parkir di Pasar Berastagi yang terkenal menjual berbagai jenis buah-buahan dan sayur- sayuran yang dihasilkan dari daerah tersebut.

Buah yang banyak dipasarkan itu, yakni jeruk, stroberi, markisa, terong belanda, alpukat dan lainnya.

Jenis sayuran yang dijual berupa wartel, tomat, kentang, bunga kol dan lainnya.

Di kota Berastagi tersebut, juga tidak ada kelihatan debu vulkanik yang berasal dari erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo.

Pada saat Lebaran tahun 2015 ini, Berastagi kelihatan bersih dan tidak ada beterbangan debu vulkanik ke rumah-rumah warga.

Dinas Perhubungan Sumatera Utara mempersiapkan 2.200 armada bus angkutan mudik Lebaran 2015. Armada angkutan tersebut dipersiapkan 99 perusahaan bus yang beroperasi di Sumatera Utara dengan persediaan 49.022 seat atau tempat duduk.

Sedangkan, pada Lebaran 2014, menyiapkan sebanyak 2.134 armada bus angkutan mudik Lebaran.

Pada Lebaran 2013, tercatat sebanyak 639.508 orang dengan menggunakan 34.961 unit angkutan bus.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015