Kalau dua negara besar berkompetisi investasi untuk kita, berarti bagus untuk kita. Kita memilih yang terbaik
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, Indonesia akan memilih yang terbaik untuk investasi kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Kalau dua negara besar berkompetisi investasi untuk kita, berarti bagus untuk kita. Kita memilih yang terbaik," kata Wapres usai menerima kunjungan kehormatan Menteri Pembangunan Nasional dan Reformasi Republik Rakyat Tiongkok Xu Shaoshi di Kantor Wapres di Jakarta, Selasa.

Wapres mengatakan, dalam pertemuan tersebut, disamping berbicara tentang hal umum untuk meningkatkan hubungan Indonesia-Tiongkok juga membicarakan kerja sama di dua bidang yaitu energi dan transportasi.

"Di bidang energi bagaimana kerja sama pembangunan listrik yang berkelanjutan, yang kedua transportasi menawarkan secara rinci kereta api cepat Jakarta- Bandung, dan juga yang lainnya," jelas Wapres.

Menurut Wapres terkait kereta cepat Jakarta-Bandung, belum ada kisaran nilai investasi yang ditawarkan oleh Tiongkok, namun jika ada pinjaman, pengembaliannya tentu dengan syarat yang ringan.

"Ya belum ditawarkan, tentu belum bisa dibuka kan. Ya nantilah," kata Wapres.

Menteri Pembangunan Nasional dan Reformasi Republik Rakyat Tiongkok Xu Shaoshi dalam kunjungan kehormatan tersebut secara jelas menjelaskan proposal Tiongkok mengenai pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Kami juga sangat menantikan dukungan Wakil Presiden untuk selalu mendukung kedua belah pihak dalam pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Pak JK memberikan tanggapan yang positif mengenai kerjasama kedua negara, kami merasa sangat terharu dan terdorong untuk melakukan program ini dengan baik," kata Xu.

Sebelumnya, Xu telah menemui Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan hasil studi kelayanan terhadap proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dari Pemerintah Tiongkok.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015