Banyuwangi (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, akan menggelar Festival Layang-Layang di Pantai Boom, Sabtu (15/8).

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi Wawan Yadmadi, Jumat, mengatakan festival itu diikuti ratusan peserta, yang akan menerbangkan layang-layang hias di bibir Pantai Boom yang berhadapan langsung dengan Pulau Bali.

"Layang-layang tesebut dibentuk dan dihias beragam corak budaya khas Banyuwangi, seperti mahkota penari gandrung, tradisi kebo-keboan, penari seblang, hingga barong," ujarnya.

Ia menambahkan penyelenggara mewajibkan peserta festival mengenakan pakaian khas Banyuwangi.

Penyelenggara menggelar tiga kategori lomba dalam festival itu, yakni lomba menerbangkan layang-layang, sambitan atau saling menggesek antarbenang layang-layang di udara, serta adu sawangan (suara dengung layang-layang).

"Adu sawangan akan dilaksanakan pada malam hari. Mengapa malam? Karena yang dilombakan bunyi atau suara yang didapatkan dari tiupan angin," ujar Wawan.

Selama festival juga ada pameran layang-layang kertas dan kain.

"Pedagang pun juga siap mendemontrasikan ke masyarakat cara membuat layang-layang, mulai membuat kerangka hingga memilih benang untuk bisa menerbangkannya," ujar Wawan.

Pewarta: Masuki M Astro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015