Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 3.000 peserta mengikuti jalan sehat sepanjang delapan kilometer yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, dalam rangka memperingati 70 tahun Indonesia Merdeka.

"Kegiatan jalan santai ini terbuka untuk umum dan merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI yang dikoordinasi oleh tiga BUMN yaitu PT PGN, Perum LKBN Antara, serta PTPN VIII," kata Direktur Infrastruktur dan Pengembangan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Djoko Saputro kepada pers di Jakarta, Minggu.

Hadir dalam jalan sehat tersebut antara lain Direktur Utama PTPN VIII Dadi Sunardi, Direktur Komersial dan Teknologi Perum LKBN Antara Hempi N Prajudi, Direktur Keuangan Perum LKBN Antara Endah Sri Wahyuni, serta sejumlah pejabat dari Kementerian BUMN.

Dia mengatakan, kegiatan jalan sehat ini juga merupakan upaya kementerian untuk mensinergikan sejumlah BUMN sehingga dapat bekerja secara optimal.

Rute jalan kaki sehat dimulai dari depan Gedung Kementerian BUMN menelusuri Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Jalan MH Thamrin dan berbalik arah di Bundaran HI atau Tugu Selamat Datang dan akan berakhir lagi di Jalan Medan Merdeka Selatan di depan Gedung Kementerian BUMN sepanjang delapan kilometer.

"Untuk meramaikan olahraga tersebut panitia tidak memungut bayaran alias gratis dan bahkan panitia menyiapkan kaos dan makanan bagi para peserta," kata Djoko.

Panitia juga mengadakan panggung hiburan yang akan diisi dengan lagu-lagu nasional guna membangkitkan semangat kebangsaan, serta menyiapkan sejumlah hadiah bagi para peserta yang beruntung.

Menu makanan yang akan disediakan adalah sate ayam (1.500 porsi), mi kondang (1.000 porsi), nasi uduk (1.500 porsi), bubur ayam (1.000 porsi), lontong sayur (1.000 porsi), tempe mendoan dan tahu (1.000 porsi), serta bubur kacang ijo dan cendil (1.000 porsi).

Selain itu juga jajanan pasar (1.000 porsi), kue pancong (1.000 porsi), bakso Blok S (500 porsi), batagor (1.250 porsi), kerak telor (1.000 porsi), minumen berenergi (12.000 unit), serta air mineral (20.000 unit).

Waskito Darmo seorang peserta jalan sehat mengatakan, ia bersama keluarga menyambut baik penyelenggaraan jalan sehat tersebut, apalagi bisa mendaftar gratis dan bahkan mendapat kaos dan makanan secara gratis.

"Saya sebetulnya tidak tahu kalau ada jalan sehat yang diselenggarakan Kementerian BUMN. Tadi saya kebetulan sedang olahraga pagi melihat ada acara ini, dan saya langsung mendaftar saja," kataya.

Ia mengatakan, jarak delapan kilometer yang dijalani sudah cukup untuk berolahraga jalan sehat dan diharapkan kegiatan seperti ini bisa berlangsung terus.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015