Banjarmasin (ANTARA News) - Ribuan warga Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menggelar salat sunah istisqa di halaman Mesjid Raya Sabilal Muhtadin, Kamis, dipimpin Imam Besar Mesjid Sabilal Muhtadin KH Syaifurrahman sejak pukul 07.00 WITA.

"Hari ini kita bersama mengangkat tangan, memohon berkah dari Allah SWT akan rahmat hujan, di mana hampir 6 bulan lamanya daerah ini dilanda kemarau," ujar khatib yang juga Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Selatan KH Muhammad Tambrin KH M Tambrin dalam hutbahnya yang disambut "amin" jemaah salat khusus meminta hujan ini.

Dia berharap, doa ini dikabulkan Allah SWT, sebab anugrah hujan saat ini sangat dibutuhkan daerah ini demi penanggulangan bencana kebakaran hutan dalan lahan yang mengakibatkan timbulnya asap pekat.

"Tidak hanya mengganggu kesehatan, tapi juga sudah mengganggu aktivitas trasportasi, khususnya keberangkatan calon haji," sambung dia.

Sedangkan Sekdaprov Kalsel M Arsyadi menyatakan salat istisqa ini sebagai langkah upaya menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan hingga mengakibatkan kabut asap parah di daerah ini.

"Kita harap dengan bantuan doa, dan kerja keras tim penanggulangan bencana kebakaran hutan, bencana kebakaran hutan dan kabut asap ini bisa tertangani dengan baik," ujar Arsyadi.








Pewarta: Sukarli
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015