saya kira kami sedang menghadapi banyak masalah dengan susunan pemain. Hanya saja saya percaya seratus persen dengan skuat yang menjadi pilihan saya
Manchester (ANTARA News) - Sama-sama terluka, inilah situasi yang menerpa Manchester City dan Juventus karena sejumlah pemain kunci kedua tim mengalami cedera. Sergio Aguero, David Silva dan Raheem Sterling diragukan tampil, sementara di kubu tim tamu Claudio Marchisio masih berjuang pulih dari cedera.

Pasukan asuhan pelatih Manuel Pellegrini berada di atas angin. The Citizens begitu perkasa di puncak klasemen sementara Premier League dengan meraih lima kemenangan beruntun tanpa sekali pun menuai kekalahan.

Jelas, ini modal tak terkira bagi Manchester City menghadapi Juventus dalam laga fase Grup D Liga Champions 2015/16 yang digelar di Etihad Stadium, Manchester, pada Selasa waktu setempat, atau Rabu dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan oleh BeIn Sports 2.

Sebaliknya, balatentara asuhan pelatih Massimiliano Allegri, sampai pekan ketiga klasemen sementara Serie A belum juga menangguk kemenangan. Hanya saja, tim asuhan Pellegrini hanya meraih tiga kemenangan dari 11 laga kandang di ajang Liga Champions.

Sebagai juara Serie A musim lalu, kunu I Bianconeri bakal memanfaatkan lubang yang ditinggalkan Aguero. Pemain yang terakhir di sebut ini absen setelah mengalami cedera lutut di babak pertama ketika City menang melawan Crystal Palace dalam pertandingan pada Sabtu pekan lalu di ajang Premier League.

David Silva yang masih berkutat dengan cedera engkel ternyata absen ketika berkunjung ke Selhurst Park. Sterling masih harus berjuang dengan cedera hamstring. Dan Pellegrini menggantungkan asa agar duet lini serang City segera pulih.

Di kubu Juventus, terus berjuang menemukan diri sendiri agar segera keluar dari start buruk di ajang Serie A. Tim asal kota Turin ini justru terperosok di peringkat ke-16 klasemen sementara. Kondisi ini tentu membuat pekerjaan rumah tersendiri bagi Alegri. Ia tidak dapat menurunkan Marchisio karena gelandang timnas Italia itu belum dapat bermain sepenuhnya.

Pertemuan kedua tim yang terakhir dalam ajang Piala Eropa 2010 dengan hasil imbang 1-1.

Komentar dua pelatih:

* Manuel Pellegrini (Manchester City):

"Kami tidak mengiran sebelumnya dapat lolos ke Liga Champions pada tahun ini. Kami sekarang hanya berpikir dapat menang melawan Juventus dalam pertandingan besok, dan turun dengan penampilan gemilang. Sangat penting bagi tim ini meraih sukses tidak hanya di ajang domestik tetapi di ajang Eropa. Untuk itu, kami perlu melangkah tahap demi tahap."

"Setiap tim pernah terkendala cedera pemain, hanya saja kami harus tampil di banyak pertandingan. Situasinya sulit lantaran kami harus melakoni banyak pertandingan dengan intensitas tinggi di Premier League. Menghadapi kasus seperti ini, saya kira kami sedang menghadapi banyak masalah dengan susunan pemain. Hanya saja saya percaya seratus persen dengan skuat yang menjadi pilihan saya."

* Massimiliano Allegri (Juventus):
"City tampil sebagai salah satu tim yang difavoritkan menjadi juara Liga Champions tahun ini. Kami harus berjuang dan bermain dengan intensitas yang tinggi. Kami akan bertanding dengan gagah berani dengan bermodal kemampuan teknik. Kami perlu mengatrol sedikit kepercayaan diri, karena momen ini jarang dapat ditemui."

"Kami mampu melaju ke babak final Liga Champions musim lalu. Salah satu alasannya, para pemain mampu tampil dengan gaya sepak bola Eropa, gaya sepak bola yang berbeda. Semuanya ini kami pelajari benar ketika melakoni sejumlah laga di Italia. Faktor inilah yang menjadi nilai positif bagi Juventus."

Prediksi susunan pemain:

* Manchester City (4-2-3-1):

Hart (penjaga gawang), Kolarov, Mangala, Kompany, Sagna, Fernandinho, Yaya Toure, Sterling, David Silva, De Bruyne, Bony
Pemain cadangan:
Cabalerro, Otamendi, Demichelis, Clichy, Fernandinho, Navas, Nasri
Pemain Absen: Aguero, Delph, Zabaleta (cedera).

* Juventus (3-5-2):
Buffon (penjaga gawang), Berzagli, Bonucci, Chiellini, Cuadrado, Pereyra, Hernanes, Pogba, Evra, Mandzukic, Dybala
Pemain cadangan:
Neto, Caceres, Alex Sandro, Lichsteiner, Lemina, Morata.
Pemain Absen: Marchisio, Khedira (cedera)

Data dan fakta (Opta Facts):

* Manchester City telah menjalani tiga laga di kompetisi Eropa tanpa meraih satu kemenangan ketika melawan Juventus (dua kali imbang, sekali kalah).
* Skuat berjuluk si Nyonya Tua gagal memetik kemenangan dari lima laga terakhir melawan tim asal Manchester (tiga kali imbang dan tiga kali kalah).
* Ini kali kelima Manchester City tampil di ajang Liga Champions. Tim ini tidak pernah lolos dari babak 16 besar.
* Manchester City hanya meraih dua kemenangan dari 10 laga terakhir di ajang Liga Champions (dua kali imbang, enam kali kalah).
* Juventus menorehkan penampilan ke-16 di ajang Liga Champions. Hanya AC Milan yang dapat menyaingi penampilan mereka di antara tim-tim asal Italia (17 kali).
* Juventus meraih dua kali juara di ajang Liga Champions/Piala Eropa (1985 dan 1996).
* Juventus hanya menderita sekali kekalahan dari 10 laga di ajang Liga Champions (enam kali menang dan tiga kali imbang).   
     
Lima Laga Terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)
 
* Manchester City: W W W W W


12/09/2015 Crystal Palace 0 - 1 Manchester City
29/08/2015 Manchester City 2 - 0 Watford
23/08/2015 Everton 0 - 2 Manchester City
16/08/2015 Manchester City 3 - 0 Chelsea
10/08/2015 West Bromwich Albion 0 - 3 Manchester City

* Juventus: D L L W L

12/09/2015 Juventus 1 - 1 Chievo Verona
30/08/2015 AS Roma 2 - 1 Juventus
23/08/2015 Juventus 0 - 1 Udinese
08/08/2015 Juventus 2 - 0 Lazio
01/08/2015 Olympique de Marseille 2 - 0 Juventus

Head To Head:
 
* 16/12/2010 Juventus 1 - 1 Manchester City
* 30/09/2010 Manchester City 1 - 1 Juventus

Prediksi hasil laga:

* Manchester City 2 - 0 Juventus
* Manchester City 2 - 1 Juventus
* Manchester City 1 - 2 Juventus

Prediksi jalannya laga:
* City bakal bertarung dengan bermodal hasil impresif di di ajang Premier League, sementara Juventus berjuang untuk kembali ke performa sebelumnya.
* Kedua tim siap bertarung dengan mengerahkan penampilan terbaiknya. City memborong lima kemenangan di ajang Premier League sementara Juventus belum meraih satu kemenangan dari 3 laga di Serie A.   
* Kedua tim tidak diperkuat oleh sejumlah pemain kunci. Silva dan Sterling punya peran krusial bagi timnya.
* Pasukan Pellegrini pantang menganggap remeh skuat Juventus meski skuat City bermain di kandang.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Manchester City: 2
* Juventus: 0   

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015