Tolikara dalam keadaan aman dan semua terkendali dengan baik
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Pandjaitan mengatakan situasi di Kabupaten Tolikara, Papua, dalam keadaan aman khususnya menjelang Idul Adha pada minggu terakhir September.

"Tolikara dalam keadaan aman dan semua terkendali dengan baik," ujar Luhut di Kemenkopolhukam, Jakarta, Rabu.

Pernyataan ini disampaikan Luhut demi meredam keraguan banyak orang terkait gangguan keamanan di Tolikara menjelang dan saat pelaksanaan Idul Adha.

Pemerintah melalui Kemenkopolhukam telah berkoordinasi dengan semua pihak yang terkait, termasuk kelompok yang terlibat kerusuhan di Karubaga, Tolikara, saat pelaksanaan perayaan Idul Fitri beberapa waktu lalu.

Menkopolhukam menyatakan semua pihak siap menjaga keamanan dan perdamaian di wilayah tersebut.

Sementara itu, terkait rehabilitasi gedung-gedung yang hancur pascakerusuhan saat Sholat Ied, pemerintah telah menyediakan dana pembangunan sebesar Rp14,7 miliar.

"Dananya masih dalam proses dan akan segera diturunkan," ujar Luhut.

Sebelumnya, Luhut juga telah mengatakan bahwa tidak akan ada pengamanan khusus di Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua, saat perayaan Idul Adha.

"Tidak perlu pengaman khusus karena semua baik-baik saja. Saya sudah bertemu dengan perwakilan tokoh masyarakat serta pemuka agama Islam dan Kristen di Tolikara dan mereka berjanji untuk menjaga kedamaian," ujar Luhut di Kemenkopolhukam, Jakarta, Senin.

Untuk itu ia meminta pihak-pihak lain untuk tidak membuat "heboh" karena keadaan di Tolikara sudah kondusif.

"Jangan dibesar-besarkan, semua ingin hidup damai. Untuk apa berkelahi?" katanya.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015