Jakarta (ANTARA News) - Dell memperkenalkan Datacenter Scalable Solution (DSS), lini bisnis baru Dell Enterprise Solution, dalam gelaran Dell User Forum (DUF) 2015.

"Teknologi terus berkembang, kami melihat adanya kebutuhan pasar akan data center yang secara infrastruktur mempu menangani pertumbuhan jumlah data," kata Peter Marss, Vice President Enterprise Solutions Dell Asia Pacific & Japan, di Jakarta, Kamis.

"Tidak hanya itu, teknologi data center juga harus dapat memungkinkan perusahaan untuk mengetahui bagaimana bisnis mereka ke depannya," sambung dia.

Dell telah menjadi pelopor segmen pasar hyperscale kurang lebih delapan tahun dengan mendirikan Data Center Solutions (DCS) untuk merancang dan menciptakan solusi-solusi khusus untuk lingkungan data center berskala besar.

Namun, Marss melihat besarnya segmentasi pasar di bawah ukuran hyperscale yang juga membutuhkan solusi data center. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Dell menghadirkan Datacenter Scalable Solutions (DSS).

DSS sendiri mensasar perusahaan berbasis teknologi web, perusahaan hosting dan penyedia layanan teknologi, selain industri minyak dan gas, dan juga perusahaan yang bergerak di bidang finansial.

"Dengan semakin banyaknya perusahaan-perusahaan berbasis teknologi web bermunculan di Indonesia, seperti e-commerce misalnya, solusi DSS akan dapat memperbarui infrastruktur TI mereka untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang terus berkembang," ujar Marss.

Lebih lanjut, Marss menjelaskan teknologi DSS mampu memberikan performa TI yang lebih baik, menciptakan strategi komputasi cloud sesuai dengan yang diinginkan dan menghadirkan analisa data.

"Untuk cloud kami bekerja sama dengan sejumlah penyedia software terkemuka di antaranya Microsoft dan VMware, sehingga customer dapat denggan cepat menerapkannya," kata dia.

"Tidak hanya big data, kami juga menghadirkan solusi untuk analisa data, sehingga dapat memudahkan customer mengambil keputusan untuk masa depan perusahaan mereka," tambah dia.

Sementara itu, Dell User Forum (DUF) 2015 sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan khusus untuk pelanggan dan mitra utama Dell di kawasan Asia Tenggara.

"Acara ini merupakan bukti dari komitmen kami membantu pelanggan tumbuh dan sukses di masa depan. Lebih dari itu, dipilihnya Indonesia menjadi tuan rumah acara ini juga merupakan bukti dari berkembangnya teknologi di Indonesia," ujar Catherine Lian, Managing Director Dell Indonesia.

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 1.500 peserta itu memberikan kesempatan kepada para pelanggan dan mitra Dell untuk mendengarkan paparan dari para eksekutif, teknisi dan arsitek teknologi Dell tentang pendekatan komprehensif Dell untuk membantu berbagai perusahaan dalam menerapkan TI yang scalable.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015