Manchester (ANTARA News) - Manchester Cuty kini berada di puncak klasemen sementara Premeir League dengan meraih lima kemenangan dari lima pertandingan sampai pekan kelima.

Pasukan The Citizens mengoleksi 15 poin, dan unggul empat poin dari peringkat kedua klasemen, Leicester City. Pasukan Manchester City tidak hanya belum terkalahkan, tetapi mengoleksi 11 gol dan belum kebobolan satu gol pun.

Torehan prestasi gemilang itu menjadikan Manchester City difavoritkan meraih gelar Premier League musim ini, hanya saja satu pertanyaan muncul, yakni apa yang menyebabkan skuat City meraih sukses gemilang sampai pekan kelima Premier League?

Alasan pertama, silakan mencermati lini pertahanan Manchester City. Mereka tampil sebagai tim yang mampu meraih clean sheet di setiap pertandingan yang mereka lakoni, sebagaimana dikutip dari laman SoccerLens.

Tim asuhan pelatih Manuel Pellegrini itu dihuni sederet bek tangguh, yakni  Kolarov, Kompany, Mangala dan Sagna. Di bawah mistar, Joe Hart telah menorehkan lima clean sheets dan melakukan delapan aksi penyelamatan. Capaian ini bukan tidak mungkin membawa dia menjadi salah satu favorit untuk meraih penghargaan Golden Glove tahun ini.

Hart melakukan delapan aksi penyelamatan karena ia didukung lini pertahanan yang kokoh. Barisan pertahanan Manchester City dihuni sederet pemain rekrutan anyar yang nota bene langsung mampu menjalin kerjasama tim dengan padu. Semua ini ditunjang oleh segudang pengalaman pemain.

Alasan kedua, silakan juga mencermati lini gelandang Manchester City yang dihuni para pemain dengan kemampuan berbeda yang saling melengkapi. Misalnya, Sterling memiliki kecepatan dan kekokohan, Fernandinho dan Yaya Toure memiliki kekuatan, serta David Silva yang mempunyai kreativitas.

Alasan ketiga, di depan lini gelandang, City dihuni oleh sosok predator gol dalam diri Sergio Aguero. Pemain ini menyabet penghargaan Sepatu Emas musim lalu di Premier League, dengan mengoleksi 26 gol. Meskipun ia masih mencetak satu gol di musim ini.

Alasan keempat, jika mencemari skuat Manchester City sekarang ini, satu hal yang menonjol yakni keseimbangan. Inilah kunci utama sukses Manchester City. Mereka begitu mengkilap dengan sejumlah pemain berkelas, penjaga gawang yang mampu tampil konsisten, bek-bek berpengalaman, gelandang bertahan yang kuat, gelandang serang dan pemain sayap yang kreatif, serta pencetak gol yang digdaya.   

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015