Jakarta (ANTARA News) - Jakarta akan menggelar "Jakarta Banjir Kanal Timur (BKT) 5K Festival 2015" demi mengembangkan wisata sungai di DKI Jakarta.

Kementerian Pariwisata dan Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) di Jakarta, Senin, menginisiasi pengembangan wisata sungai di wilayah DKI Jakarta.

"Nantinya kita akan menjadikan BKT sebagai tempat wisata dengan area yang terbagi-bagi, ada area sport, area kuliner, dan area wisata sungai," kata Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuty.

Ia mengatakan acara BKT 5K Festival akan menjadi acara pemula dan dipusatkan Jl Jendral RS Soekanto, Cipinang, Jakarta Timur, dan diharapkan mampu menjadikan wisata pinggiran kota Jakarta tidak kalah menarik dari tengah kota.

BKT merupakan kanal air untuk menangani banjir di wilayah DKI Jakarta, terutama di kawasan Timur dan Utara, dengan memiliki panjang 23,5 km, kedalaman antara 4 -7 meter dengan lebar di hulu 100 meter dan di bagian muara 200 meter.

Kanal ini membentang dari Cipinang di Jakarta Timur hingga kawasan Marunda di Jakarta Utara.

Kanal ini berperan sebagai saluran kolektor yang memotong lima sungai yakni Cipinang, Sunter Buaran, Jati Kramat, dan Cakung.


Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015