Jakarta (ANTARA News) - Kementerian BUMN bersama-sama dengan BUMN akan menyelenggarakan Program Siswa Mengenal Nusantara.

Program bertajuk “Pertukaran Pelajar SMU seluruh Nusantara 2015” dikhususkan bagi siswa SMU Kelas XI dari keluarga kurang mampu yang menjadi putra daerah berprestasi, baik di bidang akademik maupun non-akademik sebagai kesempatan untuk mengembangkan diri.

Program ini akan diawali dengan seleksi esai sebanyak 500 kata mengenai motivasi mengikuti Program Siswa Mengenal Nusantara 2015 yang dibuat oleh calon peserta.

Selanjutnya calon peserta akan melewati beberapa tahapan seleksi yang menguji wawasan kebangsaan dan kedaerahan dengan sistem gugur di tiap tahapan untuk melatih mental kompetisi sebagai modal bersaing di kancah global.

Kegiatan akan dilaksanakan pada saat musim libur sekolah sehingga waktu libur mereka terisi dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat.
Dengan pertukaran di 34 provinsi ini diharapkan tumbuh rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara di jiwa para pemuda. Masyarakat dapat mengakses informasi lebih lanjut terkait program ini dengan mengakses http://untuknegeri.bumn.go.id.

Kegiatan ini masih dalam rangkaian 70 Tahun Kemerdekaan RI - BUMN Hadir untuk Negeri. (Adv)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015