Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil, Rabu, melantik lima pejabat eselon I baru di kementeriannya yang merupakan hasil seleksi terbuka yang dilakukan sejak Maret 2015.

Lima eselon I itu adalah Arifin Rudiyanto sebagai Deputi Bidang Pengembangan Regional, Subandi sebagai Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan, serta Roni Dwi Susanto menjadi Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan.

Sementara itu, Pungky Sumadi diangkat menjadi Staf Ahli Bidang Pembangunan Sektor Unggulan dan Infrastruktur. Ada juga Rudy Soeprihadi yang terpilih menduduki kursi Staf Ahli Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan.

Kepada para pejabat yang dilantik, Sofyan mengingatkan pembangunan yang diinginkan masyarakat adalah pembangunan yang berkualitas. Pembangunan berkualitas harus mengedepankan pemerataan kesejahteraan rakyat, diantaranya dengan capaian pertumbuhan ekonomi yang dapat menambah lapangan pekerjaan secara signifikan.

Dengan begitu, kemiskinan dan pengangguran dapat dientaskan. Kesenjangan ekonomi antara masyarakat berpenghasilan tinggi dan berpenghasilan rendah pun dapat dikurangi.

"Kami membutuhkan orang-orang yang kreatif. Kunci pembangunan ada pada perencanaan," ujar Sofyan.

Sofyan meyakini perencanaan pembangunan akan disusun lebih terpadu. Dengan begitu, dia mengaku optimistis target-target pembangunan dapat tercapai.

Adapun, target-target pembangunan untuk 2016 adalah tingkat kemiskinan turun di 9-10 persen, tingkat pengangguran 5,2-5,5 persen, rasio gini di 0,39 dan Indeks Pembangunan Manusia 70,10.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015