Pamekasan (ANTARA News) - Panyanyi berjuluk si "Raja Dangdut" Rhoma Irama menghadiri tablig akbar yang digelar warga Desa Tlontoraja, Pamekasan, Pulau Madura, Jawa Timur, Senin.

Tablig yang digelar Lapangan Shangrila, Dusun Oro Barat, Desa Tlontoraja, Kecamatan Pasean dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1437 Hijriah itu tidak hanya mengundang si Raja Dangdut itu untuk hadir, akan tetapi juga menjadi penceramah.

Dalam ceramahnya Rhoma memaparkan akan makna penting tahun Islam atau Hijriah sebagai tahun perhitungan yang dimulai dari awal kebangkitan Islam.

"Umat Islam harus memahami hal ini," katanya dihadapan sekitar 2.500 hadirin yang datang dalam acara tablig akbar itu.

Penjelasan tentang tahun Hijriah dalam ceramah si Raja Dangdut itu merupakan penjelaskan pengantar.

Rhoma selanjutnya membahas tentang pentingnya shalat dan manfaat ibadah itu dalam membentuk pribadi taqwa yang selalu melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya.

Shalat kata dia, merupakan tiang agama. Maka menunaikan shalat sama dengan menegakkan tiang agama itu sendiri.

Perintah Allah yang disampaikan secara langsung adalah shalat. "Oleh karena itu, sebagai umat Islam kita harus shalat jangan pernah meninggalkan shalat wajib lima waktu," ajak Rhoma Irama.

Rhoma Irama datang ke acara tablig akbar di lapangan Shangrila, Dusun Oro Barat, Desa Tlontoraja, Kecamatan Pasean bersama Qori Internasional Darwis Hasibuan.

Pria yang dikenal dengan sebutan lain sebagai "pendekar bergitar" ini menyampaikan ceramah mulai pukul 12.40 WIB hingga 13.25 WIB.

Sebanyak 40 personel petugas keamanan, gabungan dari polisi dan TNI diterjunkan guna mengamankan tablig akbar itu.

"Berdasarkan laporan anggota, pelaksanaan tablig akbar berlangsung dengan tertib, aman dan lancar," kata Komandan Kodim 0826 Pamekasan Letkol Arm Mawardi, Senin malam.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015