Jakarta (ANTARA News) - Atlet putra Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Ihsan Maulana Mustofa berhasil masuk putaran perempat final turnamen Thailand Terbuka 2015 setelah memenangkan pertandingan putaran ketiga di Muangthong Thani Nonthaburi Bangkok, Thailand, Kamis.

"Saya bermain dengan gembira tadi. Perasaan itu muncul saat masuk lapangan. Saya tidak berpikir menang atau kalah, hanya tanpa beban saja," kata Ihsan seperti diberitakan Tim Humas dan Media Sosial PBSI dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Kamis malam.

Pada pertandingan putaran kedua, Ihsan mengalahkan tunggal putra Singapura Zi Liang Derek Wong yang merupakan pemain unggulan 14 dengan skor 21-19, 21-13 selama 30 menit.

Ihsan mengawali pertandingan dengan mencuri poin pertama 1-0. Atlet asal Djarum Kudus itu terus memimpin tipis pada game pertama 3-1 dan 5-2.

Permainan reli Ihsan cukup menyulitkan Derek yang mempunyai tipe permainan menyerang. Ihsan berhasil mengamankan game pertama meski harus bermain cukup ketat dengan skor 21-19.

"Sejak awal game pertama, saya menerapkan pola permainan reli- reli panjang. Sepertinya, Derek tidak cocok dengan pola permainan saya itu. Dia malah tampak takut dan membuat kesalahan. Saya justru berani bermain depan karena permainan depan dia tidak begitu bagus," kata Ihsan.

Pada game kedua, Derek sering membuat kesalahan dengan bola-bola yang menyangkut net ataupun bola keluar garis. Game kedua berakhir dengan kemenangan Ihsan 21-13.

Keberhasilan Ihsan masuk putaran perempat final yang akan berlangsung pada Jumat (2/10) berarti pencapaian target atlet muda itu dalam turnamen berhadiah total 120 ribu dolar AS tercapai.

"Saya tidak terlalu memikirkan untuk masuk perempat final atau menggebu-gebu mencapai target itu meskipun pelatih memberikan target perempat final. Saya hanya berusaha bermain tenang saat menghadapi lawan," kata atlet asal Jawa Barat itu.

Pada putaran perempat final, Ihsan akan menghadapi pemain unggulan pertama asal Korea Selatan Son Wan Ho yang telah menaklukkan tunggal putra lain Indonesia Simon Santoso dengan skor 11-21, 21-17, 21-12 pada putaran ketiga.

"Meskipun saya telah memenuhi target, saya tidak ingin cepat puas dengan pencapaian itu. Saya harus tampil lebih baik lagi untuk pertandingan besok," katanya.

Selain Ihsan, dua tunggal putra Indonesia yaitu Dionysius Hayom Rumbaka dan Sony Dwi Kuncoro juga berhasil masuk putaran perempat final.

Hayom lolos ke perempat final setelah menghentikan langkah atlet Jepang Kazumasa Sakai 21-15, 21-15 pada putaran ketiga. Sedangkan Sony berhasil mengalahkan pebulu tangkis unggulan dua asal Hong Kong Hu Yun 21-15, 21-11.

Sementara, dua rekan sepelatnas Ihsan yaitu Jonatan Christie dan Firman Abdul Kholik gagal melangkah putaran perempat final setelah terhenti pada pertandingan putaran ketiga.

Firman takluk dari pemain unggulan empat asal Korea Selatan Lee Hyun Il 13-21, 15-21. Sedangkan Jonatan kalah juga kalah dari atlet Korea Selatan yaitu Jeon Hyeok Jin 21-12, 12-21, 19-21.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015