Pangkalpinang (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung memprakirakan tinggi pasang air laut di Membalong Kabupaten Belitung mencapai 2,16 meter, berlaku Kamis (15/10) pukul 01.00 WIB.

"Kami mengimbau kepada warga di pesisir pantai Membalong dan sekitarnya untuk tetap mewaspadai ketinggian air pasang tersebut karena bisa membahayakan keselamatan jiwa," ujar Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Evi Diana Prihatingsih di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan, tinggi pasang air laut di Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur berkisar 1,65 meter, Toboali Kabupaten Bangka Selatan mencapai 1,73 meter.

Sementara itu, tinggi pasang air laut di Sungailiat Kabupaten Bangka berkisar 1,61 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,08 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 0,96 dan tinggi pasang air laut di Muntok Kabupaten Bangka Berat 1,03 meter.

Sementara itu, kata dia, tinggi gelombang di perairan Selat Bangka 1,5 meter, sedangkan di Selat Gelasa, Selatan Bangka dan Utara Bangka masing-masing berkisar 2 meter, sementara di Selat Karimata mencapai 2,5 meter.

"Tinggi gelombang di Selat Karimata akibat angin kencang berkisar 1,7 hingga 3,4 meter dan arah angin seluruh perairan itu bertiup dari Timur ke Selatan," ujarnya.

Ia mengatakan, cuaca daratan di seluruh provinsi itu tidak berpotensi hujan sama sekali baik sedang maupun ringan.

"Berdasarkan pantuan cuaca belum ada tanda-tanda akan turun hujan dan kemarau masih tetap berlanjut semoga saja dalam waktu dekat ini hujan akan turun mengingat beberapa daerah disini sudah dilanda kesulitan pasokan air bersih," ujarnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015