Jakarta (ANTARA News) - Kalangan Komisi II DPR menilai kinerja Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi selama setahun masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla cukup optimal.

"Program-program Kemenpan-RB banyak yang terlaksana," kata anggota Komisi II DPR dari Fraksi Gerindra Bambang Riyanto di Jakarta, Rabu.

Bambang mengatakan banyaknya program Kemenpan-RB yang terlaksana tidak terlepas dari besarnya penyerapan anggaran kementerian. Menurut dia, sejauh ini dari seluruh mitra Komisi II, maka Kemenpan-RB merupakan yang serapan anggarannya tertinggi.

"Jadi karena serapan anggarannya tinggi otomatis program banyak terlaksana, kami apresiasi," kata dia.

Dia juga memuji keputusan Menpan-RB mengangkat seluruh pegawai honorer kategori 2 (K2) yang dinilai sebagai suatu keputusan populis dan perlu ditingkatkan.

"Itu keputusan spektakuler, sangat populis, dan diharap tahun mendatang tetap diteruskan," kata dia.

Namun demikian Bambang mengingatkan agar seluruh keputusan yang telah diambil Kemenpan-RB dapat diselesaikan hingga tuntas.

"Sepanjang keputusan-keputusannya dilaksanakan, termasuk soal pegawai honorer K2 maka Menpan-RB menurut saya belum perlu di-reshuffle," ujar Bambang.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR Rambe Kamarul Zaman sebelumnya juga telah menyatakan penghargaannya terhadap kinerja Menpan-RB selama setahun terakhir. Menurut Rambe, Menpan-RB bisa menyelesaikan berbagai persoalan ditengah efisiensi anggaran.

Rambe mengatakan memang masih ada banyak "pekerjaan rumah" yang harus dikerjakan Menteri Yuddy seperti penyelesaian PP turunan UU ASN, dan lainnya.

Namun secara umum, dirinya menilai kinerja Menteri Yuddy cukup baik dan berhasil dalam penataan manajemen birokrasi.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015