Pak Ridwan Kamil menyatakan proses hukum harus berjalan karena ini tindak pidana murni,"
Jakarta (ANTARA News) - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menemui Agus Purnomo (21) seorang pendukung tim Persib (Bobotoh) diduga mencuri sepeda motor yang kini mendekam di Polsek Menteng Jakarta Pusat.

"Pak Ridwan Kamil mengecek langsung yang bersangkutan (Agus) dan memahami informasi itu (disekap dan dianiaya) tidak benar," kata Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Menteng Ajun Komisaris Polisi Ridwan R Soplanit di Jakarta, Rabu.

Ridwan mengatakan Wali Kota Bandung itu mendatangi Polsek Menteng guna mengecek kepastian pendukung Persib Bandung itu terlibat pencurian sepeda motor.

Ridwal Kamil menemui Agus di salah satu ruangan penyidik Polsek Menteng dan sempat terlibat pembicaraan dengan tersangka pencurian motor itu.

"Pak Ridwan Kamil menyatakan proses hukum harus berjalan karena ini tindak pidana murni," ujar Ridwan.

Ridwan menjelaskan kepada pria biasa disapa Kang Emil itu bahwa Agus mengaku Bobotoh dari Karawang Jawa Barat.

Agus juga menjelaskan kronologis penangkapan kepada Kang Emil awalnya tersangka bersama temannya menenggak minuman keras sebelum menyaksikan laga Persib melawan Sriwijaya FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta Pusat, Minggu (18/10).

Usai laga selesai, tersangka tidak pulang bersama rombongan menuju Karawang karena akan menemui kerabatnya di Pademangan Jakarta Utara.

Bukan menemui saudaranya, Agus menuju Blora Jakarta Selatan menghampiri salah satu warung nasi di Jalan Kudus Menteng pada Senin (19/10) dinihari.

Agus mengamati pengendara sepeda motor yang memarkirkan di depan warung nasi tersebut.

Kemudian Agus naik dan berupaya menyalakan sepeda motor milik Setyo Pamuji (24).

Pemilik motor memergoki Agus yang berupaya melarikan diri namun warga mengejar dan menangkap tersangka yang selanjutnya diamankan petugas Polsek Menteng.

Ridwan menyatakan kedatangan Wali Kota Bandung itu memastikan Agus bukan korban penyekapan dan penganiayaan yang beredar melalui "broadcast".

Bahkan, seorang rekan tersangka yang juga Bobotoh Persib melaporkan kehilangan Agus ke Polda Metro Jaya pada Selasa (20/10).

Pelapor menguraikan mendapatkan informasi melalui bbroadcast dari orang lain jika Agus disekap pendukung tim sepak bola lain.

Pelapor juga menduga informasi penculikan dan penyekapan Agus itu benar karena telepon selular tersangka tidak bisa dihubungi.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015