Katingan (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa shalat memohon hujan (istisqa) bersama ratusan warga Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah.

Shalat dilaksanakan di lapangan Polres Katingan pada Minggu pagi. Shalat dua rakaat yang diawali zikir itu dipimpin ulama setempat Haji Muhammad Rusli Arfan.

Warga dari berbagai wilayah di Katingan mulai dari ibu-ibu, bapak-bapak, tua dan muda serta anak-anak ikut shalat berjemaah.

Dengan beralaskan koran seadanya di bawah sajadah, jemaah khusyuk melaksanakan shalat istisqa meski kabut asap juga mengepung daerah itu.

Usai shalat bersama, jemaah diajak berdoa untuk bersama memohon keselamatan dunia akhirat dan kabut asap segera berakhir.

Shalat istisqa itu juga diisi dengan khutbah yang diberikan oleh Kyai Lukmanul Karim dari Surabaya. Dalam khutbahnya, ia mengajak semua untuk bertaubat dan memohon ampun kepada Allah SWT.

Mariati, salah seorang warga Katingan mengatakan sebelumnya warga juga sudah melakukan shalat istisqa beberapa waktu lalu.

"Ini yang kedua kali, sebelumnya juga sudah hujan tapi tidak lebat," kata Mariati yang mengaku sejak pukul 07.00 WIB sudah berada di Lapangan Polres Katingan. Dia berharap, kabut asap yang kali ini dirasakan sangat parah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya segera berakhir.

"Segera bisa reda asapnya, sesak kalau bernapas. Kasihan anak-anak," kata Mariati.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015