Karanganyar, Jawa Timur (ANTARA News) - Tim SAR gabungan Jawa Tengah dan Jawa Timur telah disiagakan disepanjang jalur rambatan api agar tidak mendekati daerah pemukiman di kawasan Cemoro Sewu Plaosan Kabupaten Magetan, hingga Minggu malam.

Menurut Komandan SAR Karanganyar, M Abdullah, yang mewakili Badan SAR Nasional Semarang, bahwa tim SAR gabungan terus melakukan pemadaman kebakaran hutan di Lawu, dan berhasil menahan rembetan api masuk ke daerah hunian di Cemoro Sewu Jawa Timur.

M. Abdullah mengatakan sekitar delapan mobil pemadam kebakaran asal Karanganyar, Jawa Tengah dan Magetan, Jawa Timur berusaha melakukan pemadaman di kawasan punggung bukit sejak pukul 14.00 WIB hingga malam.

Tim gabungan yang terdiri komunitas Anak Gunung Lawu, SAR, Basarnas, anggota TNI, dan Polri baik dari Karanganyar Jateng dan Magetan Jatim telah dikerahkan untuk memadamkan api yang jarakanya sudaj sekitar 100 meter dari daerah pemukiman.

"Sukarelawan disiagakan di sepanjang alur rambatan api yang sudah merembet di kawasan belakang rumah penduduk di Cemoro Sewu dan kini mulai merambat ke Cemoro Kandang," katanya.

Namun, api yang membakar di kawasan Cemoro Sewu sudah mulai terkendali.

Dia mengatakan sukarelawan sudah mulai terkuras tenaganya karena mereka bekerja keras sejak Minggu siang hingga malam.

"Kami berharap ada bantuan sukarelawan sebagai tenaga baru untuk mengganti kegiatan pemadaman di hutan Lawu," katanya.

Menurut dia, hunian penduduk di Cemoro Kandang Karanganyar masih relatih aman karena letaknya di seberang jalan dari hutan yang terbakar.

Selain itu, petugas PLN sudah disiapkan di lokasi kawasan pemukiman untuk mengantisipasi jika ada kabel listrik yang terbakar untuk dilakukan pemadaman.

Hal tersebut, kata dia, berbeda di Cemoro Sewu Magetan yakni lokasi kebakaran hutan di atas pemukiman warga. Namun, SAR berhasil menghadang api tidak sampai merembet ke daerah hunian.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Agung Lewis, kejadian kebakaran hutan Lawu sudah merembet ke pintu masuk pos pendakian Cemoro Sewu, tetapi kejadian itu tidak ada laporan adanya korban jiwa.

Lewis meminta kepada warga agar tetap tenang dan waspada. Pihaknya mengimbau warga untuk keluar rumah untuk antisipasi kejadian kebakaran tersebut. 

Pewarta: Bambang Marwoto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015