Tokyo (ANTARA News) - Saham-saham di Tokyo dibuka 0,76 persen lebih tinggi pada Kamis, menyusul kenaikan kuat di Wall Street karena Federal Reserve AS mempertahankan suku bunga acuan mendekati nol tak berubah.

Menurut AFP, indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo naik 143,14 poin menjadi 19.046,16 dalam pembukaan penawaran. Indeks Topix dari seluruh saham papan utama naik 6,37 poin atau 0,41 persen menjadi diperdagangkan pada 1.553,56.

Wall Street melonjak lebih tinggi Rabu, setelah pernyataan The Fed S karena berkurangnya kekhawatiran tentang ekonomi global.

"Itu pernyataan terbaik yang kita bisa punya," Mitsushige Akino, direktur eksekutif di Ichiyoshi Asset Management Co. di Tokyo, mengatakan kepada Bloomberg News.

"Prospek tentang ekonomi baik, tetapi Fed telah menahan diri dari menaikkan suku bunga saat ini."

Pedagang sekarang mengawasi pada lebih banyak laporan laba dari perusahaan-perusahaan yang tercatat di Tokyo dan pertemuan bank sentral Jepang (BoJ) pada Jumat, di tengah spekulasi bank kemungkinan melepaskan stimulus moneter baru untuk melawan penurunan ekonomi.

Raksasa elektronik Sony, Panasonic, Fujitsu dan Kyocera berada di antara perusahaan-perusahaan besar Jepang yang akan melaporkan hasil keuangan mereka pada hari ini.

Produksi pabrik Jepang naik 1,0 persen pada September, memantul kembali dari bulan sebelumnya, sebut data kementerian industri pada Kamis.

Kementerian itu juga mengatakan produksi manufaktur diperkirakan meningkat lebih lanjut pada Oktober akan ekspansi sebesar 4,1 persen sebelum menurun 0,3 persen pada November.

(A026)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015