Jakarta (ANTARA News) - Brand kosmetik dalam negeri Martha Tilaar memiliki kiat khusus dalam bersaing dan menghadapi serbuan produk kosmetik asing yang banyak masuk ke Indonesia.

"Salah satu caranya adalah memberikan edukasi pada konsumen bahwa kosmetik asal luar negeri belum tentu cocok untuk kulit orang Indonesia," kata Vice Chairwoman Martha Tilaar Group sekaligus Direktur Utama PT Cantika Puspa Pesona, Wulan Tilaar dalam peresmian gerai di Kuningan City Mal, Kamis.

Wulan mengatakan kulit Indonesia memiliki karakter khusus yang belum tentu cocok menggunakan produk dari negara luar yang merupakan hasil riset yang juga dilakukan pada orang-orang di negara luar Indonesia.

"Ya sekali lagi ini masalah mindset konsumen dalam negeri yang harus diubah bahwa tidak selamanya kosmetik luar negeri itu bagus. Justru kosmetik produk dalam negeri yang lebih paham kondisi di tanah air, jadi seharusnya konsumen lebih bisa bijak memilih kosmetik," kata Wulan.

Menghadapi serbuan kosmetik luar, Wulan mengaku masih harus bersaing dalam hal kemasan produk.
"Saat ini, kemasan produk kosmetik itu menjadi satu poin tersendiri dalam memasarkan kosmetik. Kita memang dituntut harus kreatif."

Wulan juga mengatakan sudah seharusnya pemerintah memberikan dukungan pada produk lokal.

"Persaingan dengan produk asing kami anggap sebagai risiko bisnis tapi memang pemerintah seharusnya mendukung produk lokal. Serbuan produk asing sampai sekarang kita tidak bisa bendung, maka kitanya yang harus realistis dan selalu inovatif dalam memanfaatkan potensi dalam negeri dan jeli melihat apa yang dibutuhkan konsumen saat ini," kata dia.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015