Bandung (ANTARA News) - Wali Kota Bandung, M Ridwan Kamil, mengupayakan uang kadeudeuh untuk para pejuang veteran di momentum Hari Pahlawan 2015 yakni Rp500.000 per satu orang.

Kamil, di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Kota Bandung, Selasa, menyatakan, jumlah pejuang veteran yang akan menerima uang kadeudeuh tersebut mencapai 100 orang. 

Di Amerika Serikat, sebagai contoh, penghargaan dan penghormatan kepada veteran perang mereka sangat luar biasa; bahkan ada Hari Veteran.

"Namun intinya yang bisa kita lakukan, ya kita lakukan dan sebagai penghargaan untuk pahlawan hari ini salah satu jalan di Kota Bandung juga akan berubah namanya yakni Jalan Cikapundung Timur menjadi Jalan Soekarno," kata dia.

Peresmian Jalan Soekarno Kota Bandung tersebut akan dilakukan siang ini oleh pihaknya.

"Jalan Ir Soekarno diresmikan karena beliau ini kiprah di Bandung sangat banyak sebagai proklamator dan aspirasi itu datang dari masyarakat dan keluarganya," kata dia.

Pada momentum Hari Pahlawan ini ia kembali mengajak semua masyarakat terutama generasi muda untuk menghayati pidato Bung Karno pada tahun 1961 yang menyatakan Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya.

"Saya di medsos (media sosial) menyampaikan anak muda yang biasanya cuek sejarah, saya bilang, 'kamu itu bisa santai medsos bisa haha hihi hidupnya damai tentram karena ada generasi sebelumnya yang berdarah-darah keluar air mata berjuang untuk menghasilkan hari ini'," kata dia.

Oleh karena itu, ia mengajak generasi muda agar tetap mengimplementasikan nilai-nilai kebaikan yang dicontohkan oleh para pahlawan.

"Minimal mendoakan, maksimal jadilah anak yang bermanfaat bagi masyarakat," kata dia. 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015