Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengaku lega karena Direktur Regional Jawa Bagian Tengah PLN Nasri Sebayang mengatakan bahwa perusahaannya siap menggunakan tower dalam negeri untuk mewujudkan proyek pembangunan tower transmisi 46.000 Kms.

"Saya sebetulnya menunggu pernyataan PLN yang menyatakan kesiapannya mendukung industri tower dalam negeri, dan saya senang mendengarnya," kata Saleh saat menghadiri Dialog Nasional Indonesia Menyala di Jakarta, Rabu.

Saleh mengatakan akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak agar proyek tower transmisi ini dapat terwujud guna mendukung pengembangan infrastruktur listrik 35.000 Megawatt dengan menggunakan industri dalam negeri.

Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah pemerintah mendorong industri dalam negeri untuk berperan aktif dan mandiri dalam pembangunan tower transmisi 46.000Kms.

Pada kesempatan yang sama, Nasri Sebayang mengatakan bahwa PLN siap mendukung industri pabrikan tower dalam negeri untuk melaksanakan proyek tersebut.

"Beberapa komponen seperti tower, pondasi itu 100 persen bisa dipenuhi oleh industri dalam negeri. Oleh karena itu kami siap mendukung industri dalam negeri mewujudkan proyek ini," kata Nasri.

Sementara itu, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan agar industri dalam negeri betul-betul mempersiapkan diri untuk berkontribusi dalam proyek tersebut.

"Jangan sampai ada kendala pengiriman atau mutunya kurang bagus. Jadi, perlu dijaga," ujar Putu.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015