Sumbawa, NTB (ANTARA News) - ‎Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, mengunjungi Kabupaten Sumbawa, NTB, untuk berdialog dengan masyarakat setempat membicarakan dana desa. ‎ ‎ 

"‎Kepada masyarakat Kabupaten Sumbawa, saya ingin menyampaikan beberapa hal di tingkat nasional. Pertama, DPR telah menyetujui, mengetuk palu atas APBN 2016 pada 30 Oktober dengan jumlah APBN 2016 lebih besar dari sebelumnya," kata Hamzah, di hadapan ratusan warga Kecamatan Empang, Kabupaten Sumbawa, NTB, Jumat siang. 

Jika pada pemerintahan sebelumnya APBN sebesar Rp2.039 triliun, maka APBN 2016 sebesar Rp 2.095 triliun.

Dia menjelaskan, dengan peningkatan APBN tersebut maka dana desa yang diterima tiap daerah pun akan naik lebih dua kali lipat.  

"‎Di antara dana-dana yang meningkat signifikan adalah anggaran dana desa. Jika sebelumnya Rp250juta per desa, tahun 2016 setiap desa minimal menerima Rp660juta per desa," papar Hamzah. ‎ ‎ ‎

"Namun itu masih kurang 50 persen dari janji presiden pada kampanye sebesar Rp1,4miliar per desa," cetusnya. 

Lebih lanjut, dia berharap kucuran dana desa ini bisa membuat desa-desa membangun sesuai dengan kompetensi dan kelebihan tiap daerah.  ‎ "Kalau bisa bangunlah listrik desa, jalan desa, pengolahan sampah desa," katanya.  

Hamzah dan rombongan tiba di Pulau Sumbawa pada pukul 14.00 WITA Jumat setelah melalui perjalanan darat dan pelayaran laut dari Kabupaten Lombok sejak Kamis malam dan akan kembali ke Jakarta pada Sabtu pagi.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015