Saya ingin menggugah kepedulian para pembuat kebijakan terhadap pentingnya fasilitas publik bagi perempuan dan anak-anak,"
Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah mantan jurnalis bergabung ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang dimulai Grace Natalie yang menjadi ketua umum PSI dan menyusul Isyana Bagoes Oka, kini satu lagi Jurnalis perempuan Nova Rini turut bergabung di partai politik baru yang menyasar segmen kaum perempuan dan anak muda tersebut.

Siaran pers Humas PSI di Jakarta, jumat, menyeybutkan, Nova Rini, perempuan kelahiran Surabaya 33 tahun lalu itu merintis karier jurnalistiknya melalui layar kaca SCTV. Alumnus Fakultas Hukum Universitas Airlangga dan Magister Kenotariatan Universitas Indonesia itu membawa acara berita Liputan 6 SCTV, sebelum kemudian tampil di Berita Satu TV.

Sebagai langkah awal terjun ke dunia politik, Nova Rini mengajak kalangan pegiat perempuan melakukan aksi damai di kawasan Patung Kuda di depan gedung Indosat Jakarta Pusar dengan membawa baby stroller (kereta dorong bayi).

"Saya ingin menggugah kepedulian para pembuat kebijakan terhadap pentingnya fasilitas publik bagi perempuan dan anak-anak," kata Nova Rini.

Ia memberikan contoh,  masih banyak tempat-tempat publik yang belum menyediakan ruang laktasi bagi ibu-ibu yang menyusui bayinya. Maraknya kasus-kasus kekerasan terhadap anak mengindikasikan banyak kota-kota yang dalam dimensi pembangunannya mengabaikan hak-hak anak.

"Anak-anak adalah pewaris masa depan bangsa ini," tutur ibu dua anak itu. Diuntungkan dengan bonus demografi pada 2025-2030, disayangkan jika banyaknya jumlah anak-anak tidak dikelola dengan baik oleh pemerintah.  "Jangan sampai terjadi lost generation seperti dikhawatirkan terjadi pada anak-anak di daerah yang terdampak kabut asap," kata Nova Rini.

Nova Rini meyakini keputusannya masuk partai politik sebagai pilihan yang tepat untuk memperjuangkan hal-hal tersebut.

Dalam aksi tersebut sejumlah pengurus DPP PSI ikut turun ke jalan membagi-bagikan flyer kepada para pengguna jalan. Turut menyemarakkan aksi para aktivis perempuan KOHATI-Himpunan Mahasiswa Islam, Nasyiatul Aisyiah dan Komunitas Jakarta Disaster.

Nova Rini juga didaulat sebagai salah satu Ketua DPP PSI dan langsung memegang tanggungjawab sebagai Ketua Panitia KOPDARNAS PSI yang akan digelar pada tanggal 16 November mendatang di Assembly Hall Jakarta Convention Center.

"Acara ini mengambil tema Satu Tahun PSI Merajut Solidaritas. Acara akan dibagi dua sesi, pertama acara Internal yang akan diisi oleh Saiful Mujani dari SMRC dan Wishnutama dari NET Mediatama. Acara malam akan dihadiri akan menhadirkan Art performance berupa Shadow Dance, perform dari Pas Band dan Andien, juga Pesan Solidaritas dari tokoh Non Partisan seperti Ahok dan Goenawan Mohammad," demikian Nova Rini.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015