Jakarta (ANTARA News) - Gangguan operasional pada jalur commuter line di Stasiun Jayakarta, Jakarta Barat, ternyata disebabkan oleh anjloknya Kereta Api Argo Sindoro dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Semarang Tawang.

"Hari ini, Sabtu jam 15.22 WIB antara stasiun Jakarta Kota-Jayakarta pada KM 1+9, rangkaian untuk KA Argosindoro Relasi Gambir-Semarang Tawang Anjlok pada gerbong pertama dari 11 rangkaian," kata Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Agus Komarudin di Jakarta, Sabtu.

Akibat gangguan operasional itu, perjalanan kereta dari berbagai tujuan seperti Bekasi dan Bogor ke dan dari Jakarta Kota hanya sampai Stasiun Manggarai.

Ia mengatakan satu gerbong yang anjlok itu adalah kereta pembangkit (P-00202) dengan susunan rangkaian kereta lokomotif, kereta pembangkit yang anjlok, empat kereta penumpang kelas eksekutif, kereta makan, empat kereta eksekutif, dan gerbong barang.

"Kereta ini adalah bakalan rangkaian KA Argosindoro Relasi Gambir-Semarang Tawang, yang ditarik dari depo di Jakarta Kota menuju Gambir, namun dalam perjalanan antara Jakarta Kota-Jayakarta mengalami musibah roda tergelincir," kata Agus.

Ia mengatakan tidak ada korban jiwa dalam insiden ini karena kereta belum diisi penumpang.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015