Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan bahwa dia dan Presiden Joko Widodo telah mendapatkan laporan dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said sebelum Menteri ESDM melapor ke MKD DPR RI.

Kepada wartawan di Kantor Wakil Presiden, Rabu, JK menegaskan bila ada seseorang yang mengetahui sesuatu yang tidak beres atau tidak etis maka ketidakpatutan itu juga harus dilaporkan kepada pihak yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Hari ini, JK melaporkan kondisi dalam negeri beberapa hari terakhir ini selama Presiden Joko Widodo menghadiri Konferensi Perubahan Iklim PBB di Paris, Prancis.

"Biasa kalau setelah Presiden ke luar negeri tentu saya akan melapor," kata JK.

Ketika ditanyakan apakah laporan itu terkait dengan sidang Majelis Kehormatan Dewan (MKD) di DPR RI, Wapres mengatakan hal itu hanya sedikit dibahas.

Sedangkan saat wartawan bertanya apakah Wapres menonton sidang MKD yang ditayangkan langsung di televisi, Wapres menjawab dia menonton sedikit dan hanya "awal-awalnya".

JK sendiri mengaku sudah menasihati Sudirman Said untuk jujur dalam memberikan keterangan pada sidang MKD terkait penyalahgunaan nama Presiden dan Wapres untuk pemerasan terhadap PT Freeport Indonesia.

"Saya belum komunikasi dengan dia (Sudirman), tetapi sebelumnya saya katakan supaya (dia) siap-siap saja dan jujur apa adanya, tidak perlu ditambahi atau dikurangi," kata JK.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015