Malang (ANTARA News) - Arema Cronus Indonesia Malang mulai latihan untuk mematangkan strategi yang bakal diterapkan dalam perhelatan babak delapan besar turnamen Piala Jenderal Sudirman yang bakal dihelat di Lapangan Maguwoharjo Sleman, Yogyakarta, mulai Santu (12/12) mendatang.

Pelatih Arema Joko Susilo di Malang, Rabu, mengatakan setelah menjalani TC, pasukan Singo Edan pada pekan ini menjalani sesi latihan untuk mematangkan taktik dan strategi menghadapi lawan di babak delapan besar Piala Sudirman. Bahkan, untuk mendapatkan hasil maksimal, tim pelatihpun menggeber latihan pagi-sore.

"Anak-anak menjalani dua sesi latihan sekaligus dalam sehari pada Selasa (8/12). Mereka harus hadir dalam latihan pagi hari mulai pukul 07.30 dan sore hari mulai pukul 15.30 di Stadion Gajayana," ujarnya.

Sama seperti program latihan sehari sebelumnya, menu dan materi latihan tetap untuk mencoba menerapkan berbagai strategi pertandingan. Setelah menjalani pemanasan dan latihan ringan, para pemain langsung dibagi dalam dua kelompok untuk menjalani sesi latihan pertandingan, atau sesi game.

Menurut dia, program latihan dua kali dalam sehari tersebut bukan untuk memacu kondisi fisik pemain. Program latihan di lapangan itu diperbanyak hanya untuk menambah waktu dan kesempatan para pemain dalam mencoba berbagai macam strategi.

Sebab, lanjutnya, untuk persiapan kondisi fisik sudah dilakukan TC beberapa hari lalu di Pantai Balekambang. Dan, sekarang khusus latihan pematangan strategi. Meskipun latihan dua kali sehari, pengaturan latihannya hanya latihan ringan saja.

Selain mencoba menerapkan beberapa strategi bermain di lapangan, tim pelatih juga menutup sesi latihan dengan latihan khusus tendangan penalti. Program ini tidak terlepas dari aturan pertandingan yang tetap memberlakukan babak adu penalti bila pertandingan dengan hasil imbang selama 90 menit.

"Selama drill khusus ini yang terpenting adalam pembentukan dan kebersamaan tim, sekaligus mencoba strategi bagi pemain jadi lebih lama. Sekarang ini kami fokus untuk menghadapi pertandingan pertama melawan Persipura dan pola latihan taktik dan strategi ini akan langsung diuji keampuhannya dalam uji coba menghadapi Metro FC," kata Joko Susilo.

Arema bakal menghadapi Persipura Jayapura pada laga perdana babak delapan besar Piala Jenderal Sudirman di Stadion Maguwoharjo Sleman, Sabtu (12/12). Rencana tim Arema bersama ofisial bakal bertolak ke Sleman, Kamis (13/12).

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015