Oleh Indriani
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Marwan Jafar mengajak pemerintah Arab Saudi untuk ikut serta membangun desa di Tanah Air.

"Pemerintah Indonesia memprioritaskan pembangunan di desa sebagai tonggak pembangunan nasional. Hal itu tertuang dalam Nawacita, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan," kata Marwan saat menerima kunjungan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Mustafa Ibrahim Al-Mubarak di Jakarta, Rabu.

Marwan menambahkan bahwa pemerintah saat ini sedang gencar menyusun program pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

Oleh karena itu, Marwan mengajak pemerintah Arab Saudi untuk ikut serta membangun desa di Indonesia sebagai mempercepat pembentukan desa mandiri dan sejahtera.

Dalam kesempatan itu, Marwan menyebutkan terdapat sekitar 1.900 desa yang harus dibenahi dan 122 kabupaten yang masuk kawasan daerah tertinggal.

Menurut dia, jumlah desa di Indonesia yang begitu banyak dengan jangkauan wilayah yang sangat luas, pemerintah perlu menggandeng sejumlah pihak, termasuk negara-negara berkembang untuk menjalin kerja sama dalam berbagai bidang.

"Dalam beberapa kesempatan sebelumnya, kita sudah menjalin kerja sama dengan Autralia, Jepang, Korea Selatan, dan Vietnam. Saya juga berharap, Arab Saudi juga bisa membantu program kita untuk mengentaskan daerah tertinggal dan membangun kawasan transmigrasi secara komprehensif," katanya.

Ia juga mendorong Pemerintah Arab Saudi untuk berinvestasi dalam bidang energi, infrastruktur, pertanian, dan perkebunan.

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Ibrahim Al-Mubarak menyatakan bahwa pihaknya sangat terbuka dan akan membantu dalam memajukan dan ikut mengembangkan desa dan daerah tertinggal.

"Kami akan membantu program pembangunan yang tengah dilakukan Kemendes, terutama yang berkaitan dengan pendidikan pesantren," kata Ibrahim.

Pemerintah Arab Saudi juga akan melakukan investasi di bidang ekonomi, yaitu pembangunan koperasi dengan sistem ekonomi syariah di desa-desa.

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015