Simalungun (ANTARA News) - Kecamatan Sidamanik di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, bisa menjadi alternatif tujuan wisata bagi pengunjung yang ingin menikmati alam saat akhir pekan dan liburan.

Ada air terjun Bah Biak jatuh dengan tinggi sekitar 200 meter di kawasan perkebunan Bah Butong yang ada di kecamatan itu. Airnya yang jernih dan dingin jatuh ke bebatuan lalu mengalir ke sebuah sungai di perkebunan.

Selain itu pengunjung bisa menikmati pemandangan lahan pertanian dan kolam Bah Damanik yang jaraknya sekitar delapan kilometer dari sana.

Kolam Bah Damanik tidak terlalu dalam, hanya setinggi perut orang dewasa airnya. Di sana ada pancuran air terbuat dari bambu besar, sedang dan kecil bagi mereka yang ingin merasakan mandi di bawah pancuran.

Selain itu, pengunjung bisa menikmati keindahan deretan rapi tanaman teh di Perkebunan Bah Butong, yang ada di sepanjang jalan Sidamanik-Simarjarunjung.

Menurut Kus (47) kawasan ini mulai dikenal dua tahun lalu setelah ada kunjungan dari satu klub sepeda motor.

"Jadinya setiap Sabtu dan Minggu serta hari libur ramai dikunjungi, orang malaysia juga pernah ke sini," kata Kus, ibu rumah tangga yang buka kios makanan dan minuman di kawasan wisata itu.


Pewarta: Waristo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015