Dari keseluruhan total anggaran tahun ini sebesar Rp69,28 triliun, penyerapannya sampai dengan saat ini sudah mencapai 67 persen,"
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2015 telah mencapai 67 persen.

"Dari keseluruhan total anggaran tahun ini sebesar Rp69,28 triliun, penyerapannya sampai dengan saat ini sudah mencapai 67 persen," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa.

Menurut pria yang lebih akrab disapa Ahok sehari-hari itu, penyerapan tersebut dinilai cukup baik mengingat Peraturan Gubernur (Pergub) APBD DKI baru disahkan pada April 2015.

"Menurut kami, penyerapan tersebut sudah cukup baik. Apalagi kalau rencana-rencana pembelian lahan di Jakarta dilakukan lebih cepat, maka penyerapannya bisa saja sudah mencapai 70 persen," ujar Ahok.

Lebih lanjut, mantan Bupati Belitung Timur itu pun berharap penyerapan anggaran pada 2016 nanti bisa lebih maksimal, mengingat penyusunan dan pengesahan oleh DPRD DKI telah dilakukan sejak Desember 2015.

"Penyusunan dan pengesahan APBD DKI 2016 kan sudah kami lakukan sejak jauh-jauh hari. Selain itu, kami juga menggunakan sistem e-planning serta e-budgeting, jadi prosesnya bisa lebih cepat dan mudah," tutur Ahok.

Disisi lain, dia juga berharap evaluasi yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terhadap Raperda APBD DKI Tahun Anggaran (TA) 2016 dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat.

"Dengan demikian, program kerja maupun rencana kegiatan pembangunan dapat kami realisasikan secepatnya. Sehingga, pada akhir tahun, anggaran terserap secara maksimal," ungkap Ahok.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015