Jakarta (ANTARA News) - Taman Margasatwa Ragunan Jakarta dipadati lebih dari 115ribu pengunjung  pada libur tahun baru 2016.

"Luar biasa, berdasarkan data tiket hingga pukul 13.00 WIB sudah dipadati 115ribu orang lebih. Jumlah itu akan terus berkembang hingga sore hari," kata Wahyudi Bambang Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta, Jumat.

Jumlah pengunjung 115ribu ini, lanjut Wahyudi, hampir empat kali lipat dari total pengunjung hari biasa yang mencapai 30 ribu orang per hari.

Wahyudi memprediksi jumlah pengunjung hingga sore hari akan mencapai 160 ribu orang namun tetap di bawah total pengunjung pada Tahun Baru 2015 sebanyak 173ribu orang.

Lebih lanjut, Wahyudi mengatakan pihaknya sudah bersiap untuk menyediakan lahan parkir untuk ribuan kendaraan pribadi dan bis pariwisata agar tidak menimbulkan antrian pengunjung saat memasuki Ragunan.

"Soal parkiran, kami sudah antisipasi situasi padat dengan cara mengarahkan pengunjung langsung ke lokasi parkir yang tersedia, agar lebih cepat," kata Wahyudi.

Banyaknya jumlah pengunjung juga diinformasikan dalam akun Twitter TMC Polda Metro Jaya pada pukul 13.05 WIB sehingga saat ini diupayakan pengalihan arus kawasan Ragunan melalui Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Kami menyiapkan posko kesehatan di satu lokasi, lengkap dengan peralatan dan tenaga medis juga didukung ambulans," kata Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang di Jakarta, Jumat.

Wahyudi mengatakan pihak pengelola menyiagakan satu orang dokter dan satu tenaga medis dari internal, dan juga ditambah dengan empat orang petugas kesehatan yang dikirim dari Puskesmas Pasar Minggu.

Untuk mengantisipasi lonjakan kunjungan wisatawan, pihak pengelola Taman Margasatwa Ragunan membuka seluruh akses pintu masuk kawasan Ragunan dan juga memperpanjang jadwal kunjungan lebih lama 30 menit menjadi pukul 07.00 WIB hingga 16.30 WIB.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu / Aditya Ramadhan
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016